Sukses

Lifestyle

Patah Hati Meninggalkan Luka, tapi Pengalamannya Membuatmu Makin Dewasa

Fimela.com, Jakarta Pengalaman patah hati tak akan pernah membuat kita merasa baik-baik saja. Pada awalnya, kita akan dibuat "babak belur". Hidup jadi terasa gelap seakan tak ada secercah harapan baru dalam keseharianmu. Meskipun patah hati meninggalkan luka, tapi pengalamannya bisa membuatmu makin dewasa.

Setelah patah hati, emosi dan perasaan akan campur aduk tak karuan. Melansir youngwomenshealth.org, sejumlah perasaan akan hadir setelah patah hati, seperti rasa terkejut, sedih, marah, takut, kesepian, malu, hingga pada akhirnya pasrah dan merelakan semua yang terjadi. Patah hati bisa membuat kita merasa terpuruk, tapi setelah kita berhasil melaluinya, ada pengalaman berharga yang akan terus kita simpan untuk membantu kita lebih dewasa dalam hidup.

Kita akan Lebih Berhati-hati dalam Menata Perasaan

Sebagian hubungan memang ada yang harus putus di tengah jalan. Ada hubungan yang memang tak bisa diteruskan demi kebaikan bersama. Ada orang yang memang tak layak kita pertahankan. Dari pengalaman patah hati dan semua emosi campur aduk yang menyertainya, kita akan disadarkan kembali untuk lebih berhati-hati dalam menata perasaan. Bisa lebih berhati-hati dalam memilih seseorang untuk dijadikan pasangan.

Kita akan Lebih Menghargai Diri Sendiri

Tak perlu lagi merelakan diri kita menjadi cadangan orang lain. Kita lebih berharga daripada hanya sekadar dijadikan cadangan atau simpanan. Kita berhak mendapatkan cinta yang tulus. Setidaknya kali ini bersyukurlah karena sudah terlepas dari cinta yang palsu. Sudah terbebas dari hubungan yang memang tidak sehat. Kini, saatnya untuk lebih menghargai dan mencintai diri sendiri. Mengisi setiap waktu dan memaksimalkan setiap momen untuk menciptakan kebahagiaan kita sendiri.

Cinta yang Pergi akan Digantikan dengan Cinta yang Lebih Sejati

Patah hati atau putus cinta tak ubahnya sebuah kehilangan. Kita kehilangan cinta yang tadinya begitu kita jaga dengan sepenuh jiwa. Namun, ketika cinta itu harus dilepaskan pergi untuk selamanya, maka satu-satunya pilihan yang tersisa untuk kita adalah melanjutkan hidup. Menemukan dan mencari cinta yang lebih baik dan sejati.

Kita selalu butuh waktu untuk bisa kembali tersenyum setelah mengalami putus cinta atau patah hati. Tak apa pelan-pelan saja lalui semua. Setelah itu, perlahan bangkitlah kembali dan jalani hari-harimu dengan hati dan jiwa yang baru.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Kandungan Gizi Sawi Putih yang Ampuh Perkuat Imun Tubuh
Artikel Selanjutnya
Virus Corona Pengalaman Terberat dalam 30 Tahun Berkarier Sebagai Dokter