Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Bikang Merekah yang Berserat Cantik

Fimela.com, Jakarta ue tradisional Indonesia memang banyak sekali ragam dan pilihannya. Dari yang bercita rasa asin hingga manis pun sangat variatif. Di berbagai acara syukuran, ragam kue tradisional kerap disajikan. Salah satu kue bercita rasa manis yang cukup banyak ditemui adalah kue bikang.

Kue bikang yang paling menggugah selera adalah yang merekah seperti bunga mawar dan berserat cantik. Sebenarnya bahan-bahan untuk membuat kue bikang sangat mudah didapat. Namun, memang proses pembuatannya perlu langkah-langkah yang tepat untuk menghasilkan kue bikang yang merekah dan memiliki serat yang bagus.

Siapkan Delapan Bahan

Ada sejumlah resep yang bisa dipilih untuk membuat kue bikang. Salah satunya adalah yang menggunakan delapan bahan berikut ini:

  • 125 gram tepung beras
  • 100 gram gula pasir
  • 30 gram tepung protein sedang
  • 12 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur ayam
  • 350 ml santan kelapa 1 lembar daun pandan, diikat simpul
  • 1/2 sdt garam

Campurkan semua bahan kering yang terdiri dari tepung beras, tepung terigu, tepung tapioka, garam, dan gula. Sisihkan. Di wadah lain, telur dikocok lepas dan sisihkan.

Campur Bahan Kering dengan Santan Matang

Didihkan santan kelapa, air, dan daun pandan dengan terus diaduk. Setelah mendidih, ambil 1/3 bagian santan panas untuk dicampurkan ke bahan kering. Uleni adonan sampai tidak bergerindil. Setelah sisa santan hangat (2/3 bagian lainnya), tuangkan ke dalam adonan, kemudian kocok dengan mixer sampai tercampur rata. Keplok-keplok adonan dengan spiral whisk sampai adonan tampak bertekstur licin.

Adonan Diistirahatkan Selama 30 Menit

Masukkan kocokan telur ke adonan. Campur dan kocok dengan menggunakan mixer selama 30 menit. Pastikan semua bahan sudah tercampur rata dan tidak ada yang bergerindil. Setelah itu, diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit. Bagi adonan jadi tiga bagian: warna putih (tanpa pewarna), dengan pasta merah, dan pasta pandan/hijau.

Panaskan Cetakan dengan Api Sedang

Ini kunci penting untuk menghasilkan bikang yang mekar dan berserat. Panaskan cetakan dengan api sedang sampai benar-benar panas. Cipratkan air ke cetakan, bila air tampak berputar-putar, maka cetakan siap digunakan.

Tuang 1 sendok sayur adonan warna hijau ke cetakan. Tunggu sampai pinggirannya mulai matang. Tuang adonan warna putih, diamkan sebentar. Lalu, tuang adonan warna merah. Setelah bagian tengahnya sudah tidak tampak cair alias matang, tutup cetakan. Matikan api. Masukkan cetakan bikang ke baki yang berisi kain dan sedikit air. Diamkan kurang lebih 2 menit, setelah hangat, keluarkan bikang dengan bantuan gelas dan tutup botol. Gunting sisinya jadi enam, lalu rekahkan.

Tertarik untuk langsung mencoba mengikuti langkah-langkah di atas untuk membuat bikang yang merekah? Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading