Sukses

Lifestyle

Mengetahui Manfaat Mengonsumsi Kimchi bagi Tubuh

Fimela.com, Jakarta Kimchi dikenal sebagai menu pendamping yang dikonsumsi setiap hari bagi masyarakat Korea. Sayur ini juga bahkan kini bisa kita temukan dan nikmati di banyak tempat. Selain lezat, kimchi juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kimchi tradisional dibuat dari sawi yang difermentasi dalam campuran bawang putih, garam, cuka, cabai, dan rempah-rempah lainnya. Di Korea, kimchi disajikan sebagai sayur pendamping untuk setiap hidangan.

Dilansir dari purewow.com, Selasa (31/3/2020), berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi kimchi yang harus kamu ketahui. Penasaran?

 

 

1. Sumber probiotik yang sangat baik

Probiotik sangat penting untuk kesehatan usus. Makanan fermentasi seperti kimchi adalah sumber probiotik yang luar biasa. Probiotik dikaitkan untuk mencegah dan memperbaiki berbagai kondisi, dari flu biasa, sembelit, kesehatan mental, dan jenis kanker tertentu.

2. Memperkuat sistem imun

Kimchi adalah sumber antioksidan yang luar biasa dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari efek radikal bebas dan mengurangi peradangan di tubuh, hingga melawan infeksi.

3. Mengatur tingkat kolestrol

Penelitian pernah menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi kimchi memiliki kadar kolestrol yang lebih rendah. Makan kimchi dapat mengurangi risiko gangguan jantung, seperti stroke dan serangan jantung.

Sumber probiotik lain yang bisa kamu konsumsi.

1. Kefir

Minuman ini terbuat dari fermentasi susu dengan bakteri dan ragi, sebenarnya merupakan sumber probiotik yang lebih baik daripada yogurt. Kefir juga memiliki tingkat nutrisi yang tinggi, seperti protein, kalsium, vitamin B12, dan magnesium.

2. Dark chocolate

Dark chocolate mengandung probiotik yang baik untuk tubuh. Selain itu, cokelat juga memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi yang tinggi.

3. Zaitun

Makanan fermentasi ini kaya akan bakteri lactobacillus yang ramah usus. Zaitun juga kaya akan serat dan antioksidan.

#ChangeMaker

;
Loading