Sukses

Lifestyle

Apa Saja Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Kulit?

ringkasan

  • Buah Alpukat
  • Biji Bunga Matahari
  • Ubi Jalar

Fimela.com, Jakarta Nutrisi sangatlah penting untuk kesehatan kita. Pola makan yang tidak sehat bisa merusak metabolisme tubuh. Tak hanya itu saja, efeknya bisa membuat berat badan naik. Makanan yang kita konsumsi pun bisa memengaruhi kondisi kulit kita.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa kita konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit. Melansir healthline.com, berikut ini jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit kita. Langsung saja simak di sini.

Buah Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang tinggi. Kandungan lemak ini memberi banyak manfaat untuk fungsi organ serta sistem dalam tubuh, termasuk kesehatan kulit. Mendapat asupan lemak sehat yang cukup dari alpukat dapat membuat kulit kita kenyal dan lembap. Buah alpukat juga mengandung vitamin E yang merupakan antioksidan penting dalam melindungi kulit dari kerusakan oksidatif.

Biji Bunga Matahari

Secara garis besar, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber nutrisi yang sangat baik untuk kulit. Biji bunga matahari adalah salah satu jenis biji-bijian yang baik untuk kulit. Kandungan vitamin E pada biji bunga matahari merupakan antioksidan penting untuk kulit.

Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan makanan dengan kandungan beta karoten yang baik untuk kulit. Karotenoid seperti betakaroten bisa membantu menjaga kulit sehat dengan berfungsi seperti tabir surya alami. Mengonsumsi ubi jalar dapat mencegah kulit terbakar, kematian sel, dan kulit kering serta keriput.

Brokoli

Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit, termasuk zink, vitamin A, dan vitamin C. Selain itu, brokoli juga mengandung karotenoid yang juga berperan seperti betakaroten. Lutein dapat melindungi kulit dari kerusakan oksidatitif dan mencegah kulit agar tidak kering dan keriput. Kandungan sulforaphane pada brokoli juga dapat melindungi kulit dari kanker kulit dan paparan sinar matahari.

Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan mengandung karotenoid penting termasuk likopena. Betakaroten, lutein, dan likopena terbukti dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Karena tomat kaya akan kandungan karotenoid maka buah ini juga sumber makanan terbaik untuk menjaga kesehatan kulit.

Dark Chocolate

Kakao mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Kandungan antioksidannya juga dapat menjaga tekstur kulit dan ketebalan kulit. Usahakan untuk memiliki dark chocolate yang memiliki kandungan setidaknya 70% kakao untuk mendapatkan manfaat terbaiknya. Hindari produk cokelat yang memiliki kandungan gula tinggi.

Teh hijau juga bisa dipilih sebagai minuman untuk menjaga kesehatan kulita. Teh hijau dapat meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Tentu saja konsumsinya secukupnya saja. Imbangi juga dengan menjaga pola hidup sehat dan olahraga teratur untuk menjaga kebugaran tubuh.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Kerap Membeli Minuman Segar dengan Ukuran Paling Besar? Simak di Sini Untung Ruginya
Artikel Selanjutnya
Nikmati Hari Penuh Syukur, Sadari bahwa Kita Sungguh Berharga