Sukses

Lifestyle

Tips dan Cara Membersihkan Ikan Bawal

Fimela.com, Jakarta Seperti ikan pada umumnya, ikan bawal juga perlu dibersihkan sebelum diolah menjadi berbagai makanan. Tapi tidak seperti ikan pada umumnya, ikan bawal lebih mudah dibersihkan dan tidak memerlukan banyak perlakuan khusus karena bau amisnya tidak menyengat, siripnya tidak tajam, dagingnya jarang bau tanah, tubuhnya tidak licin dan durinya tidak banyak, sehingga sangat praktis membersihkannya.

Ini cara membersihkan ikan bawal sendiri di rumah.

1. Buang sisiknya

Jika ikan bawal yang dibeli sudah dalam keadaan mati, tinggal menyiangi sisiknya dengan pisau. Jika dibeli masih dalam keadaan hidup, pukul kepalanya lebih dulu sebelum menyiangi sisiknya secara merata.

2. Sayat perut dan buang isi perutnya

Bilas bersih ikan bawal setelah menyiangi sisiknya hingga badannya bersih. Kemudian sayat dari arah kepala ke ekor bagian perutnya. Buang isi perutnya dan bilas bersih hingga darahnya tidak tersisa.

3. Potong siripnya

Jika ada sirip yang tajam atau muncul mengganggu, potong agar bersih. Terkadang siripnya juga bisa menimbulkan bau amis.

4. Buang insangnya

Cuci insangnya hingga bersih, atau jika ingin lebih praktis, buang insangnya dengan cara mencabut bagian katup insang hingga menyisakan bagian kepala atas saja. Cuci bersih setelahnya. Tapi jika tak ingin repot membuang insangnya saja, bisa dipotong sekalian kepalanya.

Setelah sekian langkah membersihkan di atas, ikan bawal tinggal dilumuri jeruk nipis, siap dibumbui dan dimasak.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading