Sukses

Lifestyle

Tips dan Cara Terbaik Mencairkan Ikan Beku sebelum Diolah

ringkasan

  • Mencairkannya di kulkas
  • Rendam dengan air kran
  • Panggang microwave atau oven

Fimela.com, Jakarta Punya banyak persediaan ikan di freezer, sebelum mengolahnya tentu ikan harus dicairkan dulu. Untuk mencairkannya, sekian cara ini bisa dicoba.

1. Mencairkannya di kulkas

Sama halnya dengan mencairkan daging maupun ayam, cara paling sederhana sekaligus terbaik mencairkan ikan beku adalah dengan mengeluarkannya dari freezer dan membiarkannya mencair sendiri selama semalaman di kulkas bagian bawah.

2. Rendam dengan air kran

Jika tak punya waktu, siram ikan dengan air suhu ruangan atau air biasa, tidak terlalu dingin juga tidak bersuhu tinggi. Pertama, selalu pastikan ikan selalu dibungkus dalam plastik terikat rapat. Ambil wadah yang sudah diisi air, lalu celupkan hingga tidak ada bunga es. Setelah itu, ganti air setiap 5 menit sekali.

3. Tabur garam

Secara alami, garam membantu mempercepat mencairnya es. Garam juga akan memperlambat berkembangbiaknya bakteri selama ikan dicairkan di suhu ruangan. Jadi setelah mencuci ikan beku, sekaligus membumbui ikan, taburkan garam secukupnya. 

4. Panggang microwave atau oven

Jika tak punya banyak waktu menunggu hingga ikan mencair, bisa langsung mengolah ikan jadi masakan. Apalagi jika menyimpan ikan dalam keadaan sudah dibersihkan isi perutnya dan dibuang sisiknya. Cukup cuci ikan dan tabur garam secukupnya, Kemudian panggang dengan oven hingga matang.

5. Mengukusnya

Cara kedua jika tak punya banyak waktu menunggu ikan mencair, kukus ikan beku hingga matang, cukup taburkan garam secukupnya di permukaan tubuh ikan. Setelah matang, ikan bisa diolah lebih lanjut, seperti digoreng atau dimasak kuah.

Hindari mengolah ikan beku dengan cara langsung menggorengnya, bukan hanya akan menciptakan cipratan minyak yang berbahaya, tapi juga bagian dalam ikan tidak akan matang sempurna.

Itu dia tips dan sekian cara terbaik mencairkan ikan beku yang bisa dicoba.

#GrowFearless with FIMELA

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Menanam Kemangi agar Tidak Perlu Beli ke Pasar
Artikel Selanjutnya
Tips Membeli dan Menyimpan Ikan Teri Segar agar Awet

Live Streaming

Powered by