Sukses

Lifestyle

4 Tips Membuat Bakwan Kubis yang Renyah

Fimela.com, Jakarta Bakwan merupakan salah satu jenis gorengan yang paling disukai masyarakat Indonesia. Bakwan dengan tekstur yang krispi atau renyah pun mejadi yang paling favorit. Untuk bakwan sayur, kubis atau kol menjadi yang paling sering dipakai untuk menghasilkan bakwan dengan tekstur yang renyah.

Agar gorengan bakwan kubis lebih renyah, ada sejumlah tips yang bisa dicoba. Tips-tipsnya tidaklah terlalu sulit. Selengkapnya, langsung saja simak di bawah ini.

1. Gunakan Kubis Segar

Sebaiknya hindari menggunakan kubis atau kol yang sudah layu. Untuk bisa menghasilkan bakwan kubis yang renyah, pilih kubis yang segar. Sebisa mungkin pilih kubis yang masih muda untuk mendapatkan cita rasa bakwan yang agak manis.

2. Gunakan Tepung Beras dan Tepung Terigu

Untuk bahan adonan, gunakan tepung beras dan tepung terigu. Sebenarnya bisa saja kita hanya pakai tepung terigu tapi bila ingin tekstur bakwan terasa renyah dan tahan lama renyahnya, gunakan tepung beras juga. Untuk membuat bakwan dengan satu buah kubis berukuran sedang, kita bisa menggunakan 200 gram tepung beras dan 400 gram tepung terigu.

 

3. Tidak Perlu Pakai Telur

Telur memang bisa membuat bakwan terasa lebih gurih. Tapi jika ingin mendapatkan tekstur yang renyah, sebaiknya tak menggunakan telur dalam adonan. Cukup tambahan racikan bumbu untuk adonan. Kita bisa membuat racikan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit bubuk, kaldu bubuk, merica bubuk, dan garam. Bisa juga tambahkan irisan daun bawang dan seledri.

4. Gunakan Air Es

Tambahkan air dingin atau air es ke bahan adonan. Tambahkan air secukupnya sampai adonan cukup kental. Aneka olahan gorengan bisa terasa lebih renyah jika kita menggunakan air es dalam adonanannya.

Bagaimana? Tidak terlalu sulit kan untuk membuat bakwan kubis yang renyah? Semoga tips-tips di atas bermanfaat, ya.

;
Loading