Sukses

Lifestyle

7 Manfaat Rutin Melakukan Yoga Selama di Rumah Saja

Fimela.com, Jakarta Selama di rumah saja, tetap harus olahraga agar tubuh bugar dan imun tubuh tetap kuat. Salah satu olahraga mudah dilakukan di rumah adalah yoga. Bukan hanya kesehatan fisik, rutin melakukan yoga juga efektif menjaga kesehatan mental. Ini sekian manfaatnya.

1. Melepas stes

Banyak penelitian ilmiah telah membuktikan manfaat yoga dalam melepas stres karena dapat merangsang pelepasan hormon endorfin sehingga mengurangi kortisol dalam tubuh dengan cara melatih pernapasan dan membuat tubuh rileks.

2. Mencegah penyakit

Mengatur pernapasan selama latihan yoga terbukti mampu mengeluarkan racun dan memberi asupan oksigen lebih banyak pada tubuh sehingga organ di dalam tubuh bekerja lebih baik mencegah penyakit karena sistem kekebalan tubuh meningkat.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Karena dilatih untuk merasa tenang dan bernapas dengan baik, aliran darah akan lebih lancar dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang berisiko memicu stroke.

4. Melatih kekuatan dan kebugaran tubuh

Meski tampak tidak membuat berkeringat namun olahraga yoga mampu meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh karena lebih banyak menggunakan otot yang jarang digunakan dalam olahraga lain.

5. Mengurangi inflamasi dalam tubuh

Karena banyaknya hormon kebahagiaan yang dilepaskan otak, tubuh akan menyerap itu dan membantu mengurangi inflamasi di dalam tubuh. Penelitian membuktikan, ketika imun tubuh lebih baik, maka inflamasi tubuh berkurang.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Yoga termasuk olahraga kardio yang sangat baik melatih otot jantung, dan karena melatih sistem pernapasan, yoga efektif membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

7. Meningkatkan fleksibilitas otot

Karena banyak otot tubuh yang dilatih, tanpa sengaja tubuh lebih fleksibel, sendi menjadi lebih kuat dan tubuh menjadi lebih kencang karena lebih banyak otot daripada lemak di dalam tubuh.

Jadi, selama di rumah saja jangan hanya jadi kaum rebahan, yuk olahraga yoga setiap hari!

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading