Sukses

Lifestyle

4 Perbedaan Sahabat Sejati dengan Sahabat Beracun

Fimela.com, Jakarta Dalam perjalanan menemukan sahabat sejati, mungkin akan ada orang-orang beracun di sepanjang jalan yang menggap dirimu sebagai peluang. Seseorang yang toxic dalam hubungan persahabatan akan selalu berprasangka pada temannya. Persahabatan ini akan memengaruhi secara fisik, mental dan emosional. Bahkan ini juga dapat memengaruhi hubunganmu dengan teman yang lainnya.

Sahabat adalah seseorang yang bisa dibilang orang yang sangat kita percaya setelah keluarga. Bahkan sahabat sering kita anggap sebagai saudara kita. Namun, terkadang seseorang tidak menyadari bahwa dirinya berada pada hubungan persahabatan beracun. Berikut ini beberapa perbedaan antara persahabatan sejati dan beracun.

Helper vs Taker

Helper akan merawatmu ketika dirimu membutuhkan dukungan darinya. Mereka akan mendukungmu dalam bertindak secara independen dengan dukungan yang masuk akal. Ketika dirimu berada pada keadaan takut atau memiliki pengalaman buruk mereka mendengarkan dengan empati dan memberikan keamanan emosional. Mereka akan selalu ada untukmu, mereka akan benar-benar merindukanmu dan menyambut kehadiranmu di sekitar mereka.

Takers, hanya melihat keluar untuk diri mereka sendiri dan mengukur persahabatan mereka dengan apa yang bisa mereka peroleh darinya. Waspadalah terhadap kedermawanan palsu di balik kepribadian baik itu ada keinginan yang ingin dirimu temui. Meskipun  berkali-kali membantu mereka, mereka dapat menjadi perhitungan untuk membantumu. Bahkan jika mereka menempuk jarak yang lebih jauh sebelumnya. Mungkin secara bertahap mempertahankan tentang karakteristik mereka seperti mereka mengharapkan sesuatu sebagai balasan. Mereka tidak akan mengembalikan waktu dan upaya yang sama seperti yang dirimu berikan untuk mereka ketika dirimu meminta waktu darinya. Sebaiknya kenali karakteristik ini sejak awal.

Enduring vs Flatterers

Enduring friends, adalah orang-orang yang benar dari lubuk hati mereka. Mereka akan membagikan rahasia mereka begitu juga sebaliknya dan mungkin mereka akan melindungi dan menjaga rahasia tersebut. Mereka curhat mungkin mereka mereka mempercayaimu dan dirimu akan melakukan hal yang sama untuk mereka. Ketika dirimu sedang sakit secara fisik, mental dan emosional, mereka tidak akan mundur. Pada saat dirimu merawat dengan baik dan memberi perhatian bahwa dirimu mengabaikan diri sendiri. Mereka adalah jenis teman yang santai, akrena mereka tidak kaku tentang siapa dirimu. Mereka ingin dirimu menjadi diri sendiri dan merasa nyaman saat melakukannya.

Flatterers atau penyanjung, dikenal sebagai teman bermuka dua. Mereka dapat mengatakan hal-hal baik tepat di depanmu. Namun, saat di belakangmu, itu adalah cerita yang sangat berbeda yang bisa memecah pikiranmu. Mereka memiliki kebiasaan berbicara buruk di belakangmu dan dirimu bahkan tidak akan tahu kapan mereka akan merusakmu berkali-kali. Terlepas dari perilaku yang dirimu buat, mereka hanya menyanjungmu. Yang terburuk adalah penyanjung adalah orang tanpa tujuan yang tidak dapat membedakan apa-apa untuk melakukan hal-hal seperti itu, tidak ada gunanya mengikuti etika

Mentor vs Reckless Companion

Mentor, ini adalah sejenis teman yang membimbingmu ke jalan yang benar. Terkadang jiwa mereka mungkin tampak lebih tua daripada yang tampak secara fisik. Percakapan yang dirimu lakukan dengan mereka bisa sangat mendalam, mereka akan mendengarkanmu dengan sungguh-sungguh lalu memberikan saran yang sesuai dengan kecepatanmu. Coba renungkan emosi dan kemajuan dalam mengubah saran menjadi kenyataan. Apakah itu mengasyikkan atau membuat dirimu panic. Apakah itu mengahsilkan kebahagiaan ataukah dirimu jatuh ke dalam kekecewaan? Dirimu biasanya akan mendatangi mereka jika dirimu pernah merasa ingin melakukan sesuatu yang gila, mengerikan atau menyesal. Mereka akan menjadi orang yang akan menghentikan dirimu.

Reckess Companion, adalah orang-orang yang menggunakan kelemahanmu seperti membujuk dirimu untuk sedikit bersenang-senang dari yang dirimu harapkan. Mereka juga dapat dengan ceroboh melibatkan dirimu dalam situasi di mana tidak nyaman atau penyesalan nanti seperti berbicara dengan cerobo dan mungkin melakukan hal-hal negative di lingkungan yang tidak aman. Mereka akan menyesatkan dirimu dari jalan yang dirimu rencanakan untuk diambil atau sudah dibangun. Berpesta bisa menjadi kesempatanmu untuk menghilangkan stres, tetapi karena waktu sangat berharga dan bagaimana dirimu menyebarkan atau menggunakannya, haruss dipikirkan dengan cermat.

Compassionate Friends vs Talker

Compassionate Friends atau sahabat sejati, yang penuh kasih kemungkinan besar tidak mementingkan diri sendiri dengan menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka sendiri dan ingin mengambil beban cinta mereka, ketika mereka sedang berjuang. Mereka lebih fokus untuk memastikan semua orang didengar, tidak terlalu tergesa-gesa tentang suara mereka sendiri yang didengar. Ketika dirimu stres atau berjuang untuk mengatasi kesehatan mentalmu, mereka menjadi mendukung dan mengikuti langkahmu untuk mengantasi masalah.  Saat sebagian kesuksesan dan kebahagiaanmu, mereka memberi selamat dan merasayakan dengan dirimu. Apalagi mereka membela namamu ketika dirimu tidak ada, mereka mendorong orang lain berpikir positif tentang dirimu.

Talker atau pembicara, pada dasarnya mereka memberimu harapan dan kesan palsu, membuat janji yang tidak bisa mereka pertahankan. Karakteristik ini mudah diketaui oleh teman-teman beracun. Ciri lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa mereka membual tentang perbuatan baik atau prestasi masa lalu mereka, tidak menerima begitu saja meskipun mereka menambah di antara maaf karena tampak sombong. Ketika saatnya tiba, dirimu meminta bantuan yang sama atau janji yang mereka buat. Mereka mendukungmu dengan menyebutkan bahwa mereka sedang sibuk dengan masalah mereka sendiri atau mereka lebih sulit. Ini akan membuatmu merasa tidak penting dan kecewa.

Untuk menemukan arti sebenarnya dari persahabatan, kita harus menempuh perjalanan untuk menemukan apa yang menunggu kita atau apa yang bisa kita lewatkan. Jika menemukan teman beracun, cobalah untuk berbicara dengan mereka untuk menghapus kesalahpahaman, ketika semua kebenaran terungkap dan mereka bersedia untuk meminta maaf dan ingin tumbuh lebih baik lagi sebagai manusia.

,

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading