Sukses

Lifestyle

5 Alasan Seorang Introver Dapat Menikmati Waktunya Sendiri

Fimela.com, Jakarta Seorang introver sering dianggap sebagai individu yang pendiam dan bijaksana. Mereka tidak mencari perhatian khusus atau terlibat sosial, karena peristiwa ini dapat membuat introver merasa lelah dan terkuras energinya. Namun, seorang introver memiliki unsur ektroversi dalam kepribadian mereka. Berikut ini beberapa alasan mengapa seorang introver lebih menikmati dirinya sendiri.

Mereka Membutuhkan Waktu di Rumah untuk Mengisi Energi

Introver tidak hanya menikmati sendirian, mereka membuthkannya. Menurut Dr. Marti Olsen Laney, penulis The Introvert Advantage, komponen biologis yang membedakan introver dari ekstrover adalah sensitivitasnya terhadap dopamine. Dopamin adalah neurotransmitter di otak yang mengatur kesenangan dan kegembiraan seseorang. Ekstrover dirangsang oleh kadar dopamine yang lebih tinggi. Karenanya, inilah mengapa mereka menikmati pencarian sensasi dan pengambilan risiko. Introver, sisi lain tidak membutuhkan tingkatt kegembiraan yang sama. Bahkan mereka menemukan diri mereka lebih luar biasa daripada menyenangkan. Sehingga mereka mencari banyak waktu untuk mengisi ulang energy sehari yang panjang. Inilah sebabnya mengapa orang introver jangan pernah merasa bersalah karena menolak undangan pesta jika mereka perlu meringkuk di tempat tidur dengan buku atau film yang bagus.

Mereka Menikmati Refleksi Diri dan Mengosongkan Pikiran

Orang introver mungkin tidak banyak mengekspresikan langsung, terutama jika mereka harus duduk di ruang yang penuh dengan orang-orang setiap di sekolah atau bekerja di lingkungan yang ekstra. Akibatnya, mereka banyak pikiran dapat mengalir di pikiran mereka sepanjang hari. Ketika introver merasa cemas, dan memiliki waktu untuk bersantai di penghujung hari, mereka biasanya menikmati refleksi diri terhadap peristiwa sehari-hari mereka dengan mengekspresikan pikiran mereka dalam bentuk kreatif lain. Introver sering memiliki kebiasaan menginternalisasi masalah mereka. Sehingga mereka membuthkan cara untuk membesaskan diri mereka dengan cara alami yang sehat. Inilah sebabnya mengapa waktu mereka sendiri sangat penting karena mungkin mereka membongkar. Memproses, dan memecahkan masalah secara efektif.

Mereka Menikmati Keheningan Tanpa Obrolan Ringan

Masuk ke dalam percakapan penting untuk introver adalah sebuah hal yang menarik. Tetapi, lebih sering daripada tidak melakukan obrolan ringan dapat, menghalangi itu dan itu menghilangkan keinginan mereka untuk berpartisipasi. Selain itu, biasanya juga ada tekanan sosial bagi orang untuk mengisi kekosongan, bahkan ketika mereka tidak tahu harus berkata apa. Introver bagaimana pun merasa nyaman dengan keheningan dan tidak merasakan dorongan untuk membuat komentar yang perlu jika mereka tidak membawa rangsangan atau makna pada percakapan. Inilah sebabnya mengapa memiliki waktu sendiri adalah penting bagi mereka. Mereka dapat menikmati keheningan alam atau mendengarkan musik yang bagus.

Melepaskan Diri dari Orang Lain

Hidup di dunia sebagian besar orangnya ektravena bisa melelahkan bagi orang introver. Kadang-kadang, mereka senang hanya untuk diam sebentar, mundur dan melakukan apa yang mereka sukai tanpa dihakimi oleh orang lain. Introver menghargai ruang dan kebebasan mereka karena itu setara dengan udara dan gerakan. Ketika hal-hal mulai terasa terlalu padat dan terlalu menstimulasi, terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar dan sibuk, kesendirian mencegah mereka terbakar. Itu bahkan membuat mereka merasa tidak kesepian, daripada merasa ditinggalkan dan disalahpahami oleh orang-orang yang ekstrover yang tidak dapat mengidentifikasikan kebutuhan mereka.

Memiliki Waktu Sendirian Lebih Penting untuk Kesehatan Mentalnya

Ketika introver tidak mendapatkan cukup waktu sendirian, itu mulai memengaruhi kesehatan mental mereka. Gejala-gejalanya meliputi sulit tidur, sering masuk angina, sakit kepala, sakit punggung atau alergi, mudah tersinggung, sulit berkonsentrasi dan sulit mengambil keputusan. Yang terbaik adalah mengingat tanda-tanda ini dan sering memeriksa diri sendiri ketika merasa tidak baik. Meski pun mudah untuk terhanyut dalam tanggung jawab sehari-hari yang mengharuskan kita untuk selalu tersenyum dan berprestasi, kesehatan tidak boleh dihiraukan. Selalu luangkan waktu untuk memprioritaskan kesejahteraanmu.

Nah, berikut tadi beberapa alasan mengapa seorang introver lebih menikmati dirinya sendiri. Karena setiap orang memiliki karatker masing-masing tidak ada salahnya untuk kita saling menghargai satu sama lain.

#Changemaker

;
Loading