Sukses

Lifestyle

Manfaat Mengonsumsi Air Mentimun untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Mentimun adalah salah satu sayuran yang memiliki tektur renyah dan rasanya segar. Air mentimun tidak hanya untuk spa atau digunakan masker. Banyak sekali manfaat dari air mentimun bagi kesehatan tubuh. Selain menyegarkan, berikut ini beberapa manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh.

Tubuh Lebih Terhidrasi

Tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa asupan air yang cukup. Kebanyakan orang berusaha minum enam hingga delapan gelas air perhari. Kita tahu seharusnya minum air sepanjang hari, tetapi terkadang air biasa terasa membosankan. Menambah mentimun memberikan rasa ekstra, mendorongmu untuk minum lebih banyak agar tubuh tetap terhidrasi.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika mencoba untuk menurukan berat badan, mengganti soda, minuman manis, dan jus dengan air mentimun dapat membantumu mengurangi kalori dari dietmu. Tetapi terhidrasi juga membantumu merasa kenyang. Terkadang tubuh bingung dengan rasa lapar, mungkin dirimu merasa lapar, padahal sebenarnya tubuh memerlukan cairan untuk terhidrasi.

Mengandung Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang memabntu mencegah dan menunda kerusakan sel akibat stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Stres oksidatif dapat menyebabkan kondisi kronis seperi:

  • Kanker
  • Diabetes
  • Penyakit jantung
  • Alzheimer
  • Degenerasi mata

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan mungkin dapat mengembalikan atau menghentikan kerusakan ini. Ini alasanya mengapa seseorang harus mengonsumsi buah dan sayuran tinggi oksidan. Mentimun termasuk dalam kategori ini. Mentimun mengandung vitamin C, beta karoten, mangan, molibdenum, dan beberapa antioksidan flavonoid.

Mencegah Kanker

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa mentimun dapat membantu dalam memerangi kanker. Bersamaan dengan oksidan, mentimun juga memiliki senyawa yang disebut cucurbitacins dan sekelompok nutrisi yang disebut lignan. Yang mungkin memiliki peran dalam melindungi kita dari kanker. Salah satu studi dalam Journal of Cancer Research menyarankan bahwa flavonoid yang ditemukan pada mentimun, dapat membantu memperlambat perkembangan kanker prostat.

Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi adalah terlalu banyak garam (natrium) dan terlalu sedikit kalium dalam makanan. Garam yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh menahan cairan, yang meningkatkan tekanan darah. Kalium adalah elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium yang ditahan oleh ginjal. Mentimun adalah sumber potasium yang baik. Mengonsumsi air mentimun membantu tubuh mendapatkan lebih banyak potasium, berpotensi membantu menurunkan tekanan darah.

Menjaga Kulit Tetap Sehat

Air mentimun dapat membantu menenangkan kulit dari dalam ke luar. Tetap terhidrasi membantu tubuhmu mengeluarkan racun dan mempertahankan agar kulit tetap sehat. Mentimun juga tinggi asam pantotenat atau vitamin B-5, yang telah digunakan untuk mengobati jerawat. Satu cangkir mentimun memiliki sekitar 5% dari nilai vitamin B-5 harian yang disarankan.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Mentimun yang tinggi vitamin K. Faktanya, satu cangkir mentimun yang diiris memiliki sekitar 19% dari nilai harian yang direkomendasikan. Tubuhmu membutuhkan vitamin K untuk membantu membnetuk protein yang dibutuhkan untuk membuat tulang dan jaringan yang sehat serta untuk membantu pembekuan darah dengan baik.

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ada baiknya untuk mengonsumsi secukupya. Jika berlebih juga tidak akan baik untuk kesehata tubuh. Selain dijus, mentimun juga dapat dibuat infuse watera untuk mendapatkan manfaatnya.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading