Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Keringat Berlebih pada Malam Hari

ringkasan

  • Menopause
  • Gangguan Tidur
  • Konsumsi Obat-obatan

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami keringat berlebih pada malam hari padahal tak merasa gerah? Atau ketika tidur pada malam hari, tiba-tiba terbangun tengah malam dan mendapati tubuh basah kuyup dengan keringat? Keringat berlebih pada malam hari bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Keringat berlebih bisa jadi hal yang wajar terjadi tapi bisa juga gejala dari masalah yang lebih serius. Apalagi jika kita sering berkeringat berlebih saat tidur malam hari padahal tidak sedang merasa gerah, maka kita perlu mencari penyebabnya. Melansir universityhealthnews.com, ada beberapa penyebab umum keringat berlebih pada malam hari, seperti berikut.

1. Menopause

Keringat berlebih pada malah hari dialami oleh sedikitnya 50% perempuan yang mengalami masa transisi menuju menopause. Kondisi ini pun bisa bertahan selama kurang lebih 7,4 tahun. Hindari konsumsi kafein, makanan pedas, minuman beralkohol, dan stres untuk mengatasinya. Tapi jika masalahnya tak kunjung sembuh, segera hubungi dokter.

2. Gangguan Tidur

Gangguan tidur dan mengalami mimpi buruk juga bisa menjadi penyebab keringat berlebih. Pada anak-anak, keringat berlebih pada malam hari bisa kerap terjadi saat mengalami mimpi buruk. Bahkan bisa disertai dengan meningkatnya detak jantung, hiperventilasi, dan pupil yang membesar.

3. Konsumsi Obat-obatan

Coba cek apakah beberapa waktu belakangan ini mengonsumsi obat-obatan? Obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi depresi bisa memicu keringat berlebih. Secara umum, obat-obatan yang menurunkan tekanan darah juga dapat menjadi pemicu munculnya keringat berlebih pada malam hari.

4. Diabetes

Orang-orang dengan diabetes juga rentan mengalami keringat berlebih saat gula darahnya menurun pada malam hari. Kondisi ini bisa menyebabkan mimpi buruk, sakit kepala, dan keringat berlebih. Untuk mencegahnya, bisa dengan mengonsumsi kudapan ringan sebelum tidur atau mengecek kadar glukosa pada tengah malam.

5. Kecemasan

Berkeringat saat sedang berada di situasi tak nyaman merupakan hal normal. Ketika kita mengalami kecemasan atau dihantui rasa was-was, maka besar kemungkinan kita akan mengalami keringat berlebih pada malam hari.

Keringat berlebih pada malam hari juga bisa disebabkan oleh sejumlah faktor lain, seperti infeksi, gangguan hormon, dan gangguan neurologis. Bila masalah keringat berlebih sering terjadi dan tak kunjung membaik, segera berkonsultasi ke dokter, ya.

#ChangeMaker

;
Loading