Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengatur Pola Makan untuk Ringankan Gejala PMS

ringkasan

  • Konsumsi Makanan Kaya Protein dan Vitamin
  • Makan dalam Porsi Kecil secara Berkala
  • Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Fimela.com, Jakarta Diperkirakan 8% hingga 20% perempuan mengalami gejala PMS (premenstrual syndrome) jelang haid. Kondisi ini memang terbilang normal. Namun, tetap saja bila gejala PMS sangat menyiksa, hal itu akan mengganggu kenyamanan dan aktivitas kita.

Untuk meredakan gejala PMS, kita bisa memulainya dari mengatur pola makan kita. Melansir universityhealthnews.com, mengubah beberapa kebiasaan makan bisa bantu redakan gejala PMS jelang haid. Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa dicoba untuk redakan gejala PMS.

1. Konsumsi Makanan Kaya Protein dan Vitamin

Saat sudah mendekati prediksi waktu haid, coba atur pola makan dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein. Selain itu konsumsi banyak buah dan sayur juga yang mengandung ragam vitamin. Untuk pilihan karbohidrat, cobalah untuk mengonsumi biji-bijian utuh, seperti gandum utuh.

2. Makan dalam Porsi Kecil secara Berkala

Saat PMS, biasanya suasana hati kita buruk dan nafsu makan kurang baik. Namun, kita tetap perlu mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi dengan makan. Cobalah makan dalam porsi kecil tapi dilakukan secara berkala. Jangan sampai tidak makan karena tidak makan hanya akan membuat suasana hatimu tidak nyaman dan gula darah menurun.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Diyakini bahwa kalsium memiliki fungsi untuk bantu redakan depresi dan kecemasan. Cobalah untuk mengonsumsi makanan tinggi kalsium seperti sayuran brokoli dan yogurt untuk mendapat asupan kalsium yang cukup untuk tubuh.

 

4. Batasi Konsumsi Garam

Ingat bahwa banyak makanan olahan dan kalengan yang memiliki kandungan sodium tambahan. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari konsumsi makanan cepat saji atau junk food untuk redakan gejala PMS. Konsumsi garam berlebih dikhawatirkan akan menyebabkan perut kembung dan retensi cairan yang bisa membuatmu makin tak nyaman. 

5. Batasi Konsumsi Gula Rafinasi

Memang saat sedang PMS kadang kita ingin makan camilan dan mengonsumsi yang manis-manis. Namun, sebaiknya tetap batasi konsumsinya. Hindari konsumsi gula dan gula rafinasi berlebih. Ganti dengan konsumsi lebih banyak buah-buahan segar.

Itu tadi lima tips sederhana dalam mengatur pola makan untuk redakan gejala PMS. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

#ChangeMaker

;
Loading