Sukses

Lifestyle

5 Minuman Jus Alami Terbaik untuk Atasi Susah Buang Air Besar

ringkasan

  • Jus Apel
  • Jus Jeruk
  • Jus Buah Pir

Fimela.com, Jakarta Sistem pencernaan yang sehat ditandai salah satunya adalah buang air besar yang lancar dan rutin. Pastinya tidak nyaman sekali bila kita mengalami sembelit atau susah buang air besar. Saat mengalami masalah susah buang air besar, perut pastinya tak nyaman sekali bahkan bisa terasa sakit.

Ada banyak cara untuk mengatasi susah buang air besar. Salah satunya adalah dengan minum jus buah. Melansir stylecraze.com, ada beberapa jenis minuman jus segar yang diyakini efektif atasi masalah susah buang air besar. Selengkapnya, langsung saja simak di sini.

1. Jus Apel

Buah apel memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu kandungan mineral dan vitaminnya baik untuk tubuh. Kita bisa minum jus apel untuk bantu atasi sembelit. Tambahkan sedikit jintan manis yang kaya serat untuk bantu melancarkan rutinitas buang air besar.

2. Jus Jeruk

Minuman jus segar yang satu ini jelas tak diragukan lagi khasiatnya. Selain tinggi vitamin C dan mineral, buah jeruk juga tinggi serat. Kandungan serat buah jeruk dapat membantu memudahkan proses buang air besar. Saat membuat jus jeruk, tambahkan sedikit garam untuk membuat rasanya lebih enak.

3. Jus Buah Pir

Siapkan blender. Masukkan potongan buah pir dan air perasan jeruk nipis. Lalu haluskan. Buah pir dan air jeruk nipis menjadi kombinasi yang pas untuk bantu melancarkan buang air besar.

4. Jus Anggur dan Jahe

Anggur memiliki kandungan air dan serta yang tinggi sehingga sangat bagus untuk melancarkan pencernaan. Anggur juga mengandung sorbitol, alkohol gula yang dapat menahan lebih banyak air sehingga memudahkan proses buang air besar. Siapkan buah anggur dan jahe parut. Tambahkan air secukupnya, dan haluskan dengan blender. Segera minum setelah jus selesai dibuat.

5. Jus Ceri dan Jeruk Nipis

Cuci bersih buah ceri dan buang bijinya. Haluskan buah ceri dengan menambahkan air dan air perasan jeruk nipis secukupnya. Kandungan polifenol, air, dan serat buah ceri sangat baik untuk memudahkan proses buang air besar yang lebih lancar.

Selain minuman jus, kita juga bisa minum air lemon hangat yang ditambah madu untuk bantu melancarkan sistem pencernaan. Imbangi pula dengan minum cukup banyak air putih ya agar terhindar dari dehidrasi dan bisa melancarkan pencernaan tubuh kita. 

#ChangeMaker

;
Loading