Sukses

Lifestyle

Cara Terbaik agar Tubuh Tetap Terhidrasi dengan Cepat

Fimela.com, Jakarta Sangat penting untuk melakukan rehidrasi setelah aktivitas apa pun yang menyebabkan keringat berat seperti olahraga yang intens dan kelas yoga. Rehidrasi juga penting untuk mencegah efek dehidrasi yang merusak jika dirimu menderita flu. Berikut ini beberapa cara terbaik untuk tetap terhidrasi dengan cepat saat di rumah.

Air

Walau sepertinya tidak mengejutkan, air adalah yang paling sering dan terbaik untuk tetap terhidrasi dan rehidrasi. Tidak seperti banyak minuman lain, air tidak mengandung gula dan kalori tambahan, menjadikannya ideal untuk diminum sepanjang hari dan secara khusus ketika seseorang perlu rehidrasi seperti berolahraga. Perlu dicatat bahwa berbagai faktor, termasuk genetika, menyebutkan beberapa orang kehilangan lebih banyak natrium melalui keringat daripada yang lain. Pastikan untuk mengganti tidak hanya cairan yang dilang melalui keringat tetapi juga natrium terutama setelah melakukan olahraga di lingkungan yang panas.

Kopi dan Teh

Kopi dan teh mengandung stimulan kafein yang dapat mengalami dehidrasi sementara dalam jumlah lebih, karena bertindak seperti diuretik. Namun, minum kopi dan teh dalam jumlah sedang bisa sama melembabkannya dengan air minum dan berfungsu sebagai alternative yang memberi energi. Kafein menjadi dehidrasi hanya dalam dosisi sekitar 250-300 mg, setara dengan 2-3 cangkir kopi 240 ml atau 8 cangkir teh 240 ml.

Buah dan Sayur

 

Sebagai perbandingan, makanan olahan tinggi seperti kue, kerupuk, sereal, dan keripik hanya mengandung 1-9% air. Buah-buahan dan sayuran dengan kadar air tinggi meliputi:

  • Beri
  • Melon
  • Jeruk
  • Anggur
  • Selada
  • Wortel
  • Kubis
  • Bayam

Persediaan berbagai buah-buahan dan sayuran segar dan simpan semangka di kulkas untuk dapat dinikmati. Sering dibutuhkan sehari-hari atau bahkan berminggu-minggu sebelum buah-buahan dan sayuran menjadi hidangan. Selama waktu itu, oksidasi dapat menyebabkan hilangan nutrisi. Di sisi lain, buah dan sayuran beku dibekukan segera setelah panen yang dapat mempertahankan sebagian besar nutrisinya. Cobalah membuat smoothie yang mengandung nutrsi dan melembabkan dengan menggabungkan buah dan sayuran segar atau beku favoritmu dalam blender bersama dengan susu atau yogurt.

Susu Skim dan Susu Rendah Lemak

Selain memasok sejumlah nurisi, susu memiliki sifat menghidrasi yang sangat baik. Susu secara alami mengandung elektrolit konsentrasi tinggi, yang membantu menyeimbangkan jumlah air dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa skim dan susu rendah lemak rehidrasi serta minuman olahraga yang populer setelah latihan yang intens, semua sambil memberikan protein dan nutrisi penting lainnya. Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi susu setelah berolahraga dapat menyebabkan perut tidak nyaman seperti kembung.

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dibutuhkan. Bagi kebanyakan orang, air minum adalah cara terbaik untuk tetap terhidrasi dan rehidrasi. Pilihan lain termasuk kopi, teh, susu, buah dan sayuran. Jangan ragu untuk membicarakan dengan penyedia layanan kesehatan jika khawatir tentang status hidrasi.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading