Sukses

Lifestyle

Manfaat Mengonsumsi Jeruk Mandarin untuk Kesehatan Tubuh

ringkasan

  • Kaya antioksidan
  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
  • Dapat Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Fimela.com, Jakarta Jeruk mandarin termasuk dalam genus citrus. Diyakini mereka berasal dari Tiongkok dan dari situlah nama mereka berasal. Kulitnya berwarna oranye, kasar dan memiliki rasa manis. Buah ini memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan. Seperti kebanyakan buah jeruk lainnya, jeruk mandarin mengandung vitamin serat, dan senyawa tanaman yang bermanfaat. Mengonsumsinya secara teratur dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan.

Kaya Antioksidan

Jeruk mandarin kaya akan senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan seperti flavonoid. Flavonoid mudah ditemukan dalam makanan. Mereka adalah jenis antioksidan yang membantu mempertahankan tubuhmu dari ketidakseimbangan radikal bebas, yang dapat menyebabkan oksidasi. Oksidasi dapat meningkatkan penuaan dan timbulnya penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Mengingat tingginya kandungan vitamin C, jeruk mandarin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan yang meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh untuk melawan kerusakan oksidatif. Ini juga dapat membantu membunuh mikroba berbahaya. Terlebih lagi, ini dapat meningkatkan intefritas kulit dan jaringan.

Meningkatkan Kesehatan Usus

Serat bermanfaat bagi pencernaan. Ini ditemukan dalam dua bentuk larutan dan tidak larut. Buah jeruk, termasuk jeruk mandarin sangat kaya akan serat larut. Serat larut membentuk gel di saluran pencernaan. Ini menarik air usus untuk melunakkan feses, yang berpotensi dengan buang air besar. Jeruk mandarin juga memiliki serat yang tidak larut. Bahkan mereka memiliki lebih banyak serat jenis ini daripada banyak buah lainnya. Serat yang tidak larut melewati usus tanpa rusak. Kedua jenis serat ini dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis dan bahkan dapat membantumu menurunkan berat badan.

Dapat Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Sebuah studi populasi besar mengaitkan diet kaya buah jeruk seperti mandarin dengan pengurangan risiko batu ginjal, yang merupakan mineral mengkristal yang dikeluarkan tubuh dalam urin. Mereka bisa sangat menyakitkan untuk dilewati. Kadar sitrat yang rendah dalam urin dapat menyebabkan jenis batu ginjal tertentu terbentulk. Untungnya, mengonsumsi buah jeruk secara teratur dapat meningkatkan kadar sitrat pada tubuh, yang dianggap mengurangi risiko batu ginjal.

Jeruk mandarin adalah spesies yang berbeda dari jeruk. Jeruk ini memiliki banyak nutrisi yang mengesankan seperti vitamin C dan serat. Yang masing-masing berkaitan dengan peningkatan fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan usus.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading