Sukses

Lifestyle

Pahami Lagi Pengaruh Alkohol terhadap Sistem Kekebalan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Kamu pasti pernah mendengar pengaruh alkohol terhadap sistem kekebalan tubuh. Konsumsi alkohol yang terlalu banyak dapat merusak sistem kekebalan tubuh seiring waktu, terutama di saat pandemi seperti ini, risiko infeksi menjadi lebih besar.

Beberapa penelitian berhasil membuktikan bahwa konsumsi alkohol yang kronis dapat membuat seseorang rentan terhadap infeksi virus pernapasan. Selain mengganggu fungsi sel kekebalan tubuh, alkohol juga dapat merusak fungsi paru-paru, usus, dan darah di otak.

Padahal, paru-paru dan usus merupakan perisai fisik dan imunologis terhadap infeksi. Sebenarnya hingga saat ini belum ada pedoman yang jelas tentang konsumsi alkohol dalam taraf normal, seperti dilansir dari huffpost.com, Jumat (17/4/2020).

 

Pengaruh alkohol terhadap sistem kekebalan tubuh

Namun, beberapa pakar sepakat bahwa konsumsi alkohol yang normal adalah 1 gelas per hari untuk perempuan dan 2 hari per hari untuk pria. Jika kamu termasuk seseorang yang masih sering mengonsumsi alkohol, mungkin ini saat yang tepat untuk mencoba menguranginya.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

;
Loading