Sukses

Lifestyle

5 Tips Mempersiapkan Diri Bangun Sahur Tepat Waktu di Awal Puasa

ringkasan

  • Tidur Malam Lebih Awal
  • Hindari Minuman Berkafein pada Malam Hari
  • Lakukan Olahraga Ringan

Fimela.com, Jakarta Di awal bulan Ramadan, bangun dini hari untuk makan sahur bisa menjadi tantangan yang sangat berat. Bagi yang tak terbiasa bangun sangat pagi, hal ini bisa menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Namun, ada sejumlah penyesuaian yang bisa kita lakukan untuk memudahkan kita bangun sahur.

Persiapkan kondisi fisik sebaik mungkin agar saat menjalankan ibadah puasa bisa lebih maksimal. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk mempersiapkan diri bangun sahur tepat waktu. Langsung saja simak di sini, ya.

1. Tidur Malam Lebih Awal

Tips yang satu ini  mungkin bukan hal baru untuk didengar. Namun, ya cara inilah yang efektif untuk mengondisikan kita bisa bangun lebih pagi. Tidur lebih awal, bangun lebih pagi. Tubuh yang mendapat istirahat yang cukup akan terasa bugar saat bangun untuk makan sahur.

2. Hindari Minuman Berkafein pada Malam Hari

Minuman berkafein ini tak hanya kopi, melainkan juga teh, minuman bersoda, dan minuman berenergi. Sebisa mungkin hindari minuman berkafein sebelum tidur pada malam hari. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih.

3. Lakukan Olahraga Ringan

Saat berpuasa, intensitas berolahraga mungkin perlu dikurangi atau waktu untuk berolahraga perlu disesuaikan. Olahraga ringan bisa sangat membantu dan memudahkanmu jalani rutinitas selama bulan puasa. Selama bulan Ramadan, melansir gulfnews.com, olahraga bisa dilakukan saat mendekati waktu berbuka puasa. Tak perlu olahraga berat. Sekadar jalan kaki santai selama beberapa menit pun bisa sangat membantu menjaga kondisi tubuh tetap segar. 

4. Persiapkan Menu Sahur Favoritmu

Supaya bersemangat bangun sahur, kita bisa memilih strategi untuk menikmati makanan favorit. Saat sahur, tidak disarankan makan berlebihan. Makan secukupnya saja. Sebaiknya pilih menu yang mengandung protein dan cukup serat. Menu berbahan telur yang mengandung protein bisa dipilih jadi menu sahur untuk memberi tubuhmu cukup energi untuk beraktivitas selama puasa.

5. Hindari Makanan Berat Jelang Tidur Malam

Sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan berat jelang tidur malam. Setidaknya dua jam sebelum jadwal tidur sudah tidak makan makanan yang terlalu mengenyangkan. Tidur dalam keadaan perut yang terlalu kenyang hanya akan membuat badanmu terasa berat dan susah untuk bangun. Sistem pencernaan pun akan bekerja terlalu keras sehingga menyulitkanmu untuk bisa bangun dengan bugar pada dini hari.

Yang tak kalah penting adalah hindari tombol snooze. Siapkan alarm dan pastikan suaranya cukup nyaring untuk membuatmu bangun saat sahur. Begitu mendengar suara alarm, segera bangun dan jangan menekan tombol snooze untuk tidur lagi. Setelah itu, basuh wajah dengan air dingin. Tetap semangat untuk berpuasa, ya.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

PLAYLIST VIDEO 21 JUNI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alternatif Hiburan Saat Kamu tidak Bisa Mudik Lebaran
Artikel Selanjutnya
4 Pilihan Menu Sehat untuk Tingkatkan Imun Tubuh Selama Libur Lebaran