Sukses

Lifestyle

Awal Ramadan, Sebaiknya Hindari Makanan Ini saat Sahur dan Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Pada awal bulan Ramadan, tubuh masih perlu penyesuaian dengan jadwal pola makan yang berubah. Demi kelancaran ibadah puasa, kita perlu lebih selektif dalam memilih makanan yang kita konsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Setidaknya kita perlu menghindari beberapa jenis makanan supaya energi tubuh tetap terjaga selama puasa.

Melansir thenational.ae, ahli gizi klinis Rahma Ali di Burjeel Hospital Abu Dhabi mengatakan bahwa makanan bukan puasa dan sahur semestinya seimbang dan mengandung cukup nutrisi dari setiap golongan makanan seperti sayuran, sereal, daging, produk olahan susu, dan buah-buahan. Makan sahur dan berbuka puasa perlu dilakukan dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka. Apa sajakah? Berikut uraiannya.

Yang Sebaiknya Dihindari saat Berbuka Puasa

1. Minuman Bersoda

Hindari minuman bersoda atau minuman berkarbonasi. Sebab minuman tinggi gula dan soda bisa menyebabkan perut kembung hingga gangguan pencernaan. Ada baiknya cukup minum air putih atau air kelapa untuk meredakan rasa haus.

2. Makanan Tinggi Gula

Memang kita perlu berbuka dengan yang manis. Namun, jangan sampai berlebihan. Sebaiknya hindari makanan tinggi gula seperti permen atau cokelat yang terlalu manis. Karena makanan tersebut sangat sedikit kandungan nutrisinya tapi kalorinya sangat tinggi.

3. Makanan yang Terlalu Berminyak

Makanan yang digoreng dan terlalu berminyak sebaiknya dihindari. Karena makanan tersebut tinggi kandaungan lemaknya dan mengonsumsinya akan menyebabkan penumpukan di dalam tubuh sebagai jaringan berlemak. Mengonsumsi makanan berlemak setelah berjam-jam puasa bisa menyebabkan naiknya asam lambung dan gangguan pencernaan.

Yang Sebaiknya Dihindari saat Sahur

1. Karbohidrat Rafinasi

Kelompok makanan ini meliputi gula, tepung terigu, pastry, dan kue seperti donat. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana atau karbohidrat rafinasi biasanya tidak membuat kita kenyang lebih lama. Hanya bertahan sekitar tiga atau empat jam, lalu membuat kita gampang lapar.

2. Makanan Terlalu Asin

Ketidakseimbangan kadar sodium di dalam tubuh akan membaut kita mudah haus saat puasa. Jadi, sebisa mungkin hindari makanan yang terlalu asin atau mengandung banyak garam saat sahur.

3. Minuman Berkafein

Bagi yang terbiasa minum kopi untuk mengawali rutinitas setiap hari mungkin agak susah untuk menghentikan kebiasaan minum kopi selama Ramadan. Namun, sebisa mungkin hindari minum minuman berkafein saat sahur. Sebab minuman berkafein akan kurang efektif menjaga tubuh dari dehidrasi.

Pada awal penyesuaian kondisi tubuh dengan rutinitas sahur dan berbuka puasa, kita perlu lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi. Semoga infonya bermanfaat dan bisa membantu kita menjalankan ibadah puasa dengan lebih baik lagi.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading