Sukses

Lifestyle

5 Tips Menjaga Perut Langsing meski Kurang Olahraga

ringkasan

  • Tidur yang Cukup
  • Kurangi Konsumsi Gula
  • Minum Air Putih

Fimela.com, Jakarta Untuk mendapatkan perut langsing, olahraga rutin dan menjaga pola makan sehat adalah kunci utamanya. Kelihatannya mudah, ya. Namun, pada kenyataannya kadang kita kesulitan untuk bisa olahraga rutin. Menjaga pola makan sehat pun kadang masih kurang disiplin.

Bagi yang masih belum bisa olahraga rutin, ada beberapa kebiasaan yang bisa dicoba untuk membantumu mendapatkan perut langsing. Dr. Anju Sood, ahli gizi yang tinggal di Bangalore, seperti yang dikutip dari food.ndtv.com memaparkan bahwa kita perlul menciptakan pola makan sehat dan olahraga rutin yang seimbang untuk mengurangi lemak perut. Namun, beberapa perubahan sederhana dalam pola makan dan gaya hidup bisa membantu upaya kita untuk menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk menjaga perut langsing atau membantu mengoptimalkan upayamu untuk memiliki perut langsing.

1. Tidur yang Cukup

Para pakar kesehatan menyarankan kita mendapat waktu 8 jam tidur tiap harinya. Kurang tidur akan membuat kita berisiko mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang kita butuhkan. Menurut sebuah penelitian yang dipimpin olen para peneliti di King’s College London, orang yang kurang tidur mengonsumsi rata-rata 385 kilo kalori tambahan per hari, yang setara dengan sekitar empat setengah lembar roti. Kurang tidur bisa memengaruhi nafsu makan kita dan memicu kita untuk makan berlebihan.

2. Kurangi Konsumsi Gula

Konsumsi gula berlebihan akan menambah beban kerja lebih berat pada organ hati kita. Hal ini bisa memicu penumpukan lemak, khususnya pada penumpukan lemak di perut. Batasi konsumsi gula dan makanan berpemanis. Setidaknya hindari makanan manis setelah lewat pukul 17.00.

 

3. Minum Air Putih

Awali harimu dengan minum segelas air putih untuk meningkatkan metabolism tubuh. Minum cukup air putih akan mencegahmu makan berlebihan. Selain itu, air putih hangat bisa bantu mencairkan lemak khususnya lemak visceral. Lemak visceral adalah lemak yang terdapat di dalam rongga perut dan berada di sekitar hati, pancreas, dan usus.

4. Kunyah Makanan Perlahan

Kunyah setiap makanan yang masuk ke dalam mulut perlahan-lahan. Nikmati setiap kunyahan dan baru telan makanan saat sudah cukup lembut di mulut. Dengan cara ini, makanan akan tercerna lebih baik. Selain itu, dengan makan perlahan kita bisa lebih mudah mengenali kapan saatnya sudah berhenti makan karena sudah kenyang.

5. Konsumsi Protein

Protein butuh waktu lama untuk dicerna sehingga membantu menjaga metabolism tubuh. Mengonsumsi protein untuk makan malam seperti mengonsumsi telur dan ikan, tak hanya membuat kita kenyang tapi juga bantu membentuk otot-otot tubuh. Imbangi juga dengan konsumsi serat yang cukup dari buah-buahan dan sayuran. Serat membantu menjaga tubuh kita bebas dari racun dan mencegah konstipasi.

Mengatur dan memiliki kebiasaan-kebiasaan sehat bisa membantu kita mendapatkan perut langsing. Saat rutinitas belum memungkinkan kita dapat olahraga teratur, mengatur pola makan menjadi hal penting yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading