Sukses

Lifestyle

Pentingnya Menjaga Keamanan Data Pribadi Internet walaupun di Rumah Aja

Fimela.com, Jakarta Kesempatan WFH, social, physical distancing, dan self quarantine di rumah membuat orang-orang menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengeksplorasi internet di ponsel mereka, apakah kamu salah satunya? Namun, apakah kamu tahu bahwa aktivitas online tidak lepas dari risiko keamanan data pribadi?

Berikut ini adalah beberapa cara mudah menjaga privasi data di internet selama kamu di rumah aja dari Mozilla. Penasaran?

1. Memilih kata sandi yang unik dan kuat

Kata sandi harus dibuat dengan cerdas, karena kata sandi ini merupakan garis pertahanan terhadap upaya peretasan dan akses yang tidak sah atau tidak memiliki izin pada akunmu. Fitur Password Manager dapat membantu memilih kata sandi yang kompleks dan unik atau kamu bisa menggunakan Master Password untuk menjaga kata sandi.

2. Stop jika ada sesuatu yang mencurigakan

Malware dan phising adalah bentuk ancaman terhadap keamanan di internet. Phising adalah penipuan melalui surel yang dilakukan dengan menyamar menjadi pemberi layanan, seseorang, atau perusahaan yang pengguna percayai.

Sedangkan Spear Phising adalah jenis penipuan yang lebih handal memiliki target spesifik. Tujuan kejahatan ini agar para korban memasukkan sandi ke situs web palsu, mengunduh program malware yang dapat menginfeksi perangkat korban melalui gambar atau dokumen di internet.

 

3. Periksa ulang berita tentang pandemi virus Corona

Saat ini, kamu harus lebih cerdas dalam memilih berbagai informasi terkait pandemi virus Corona, karena banyak misinformasi dan hoax di internet.

4. Memperbaharui software dan aplikasi di perangkat secara rutin

Pembaharuan ini ditujukan untuk memperbaiki bugs, kerentanan software, dan masalah keamanan. Memperbaharui aplikasi di ponsel dan sistem operasi juga membuat perangkatmu lebih aman. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading