Sukses

Lifestyle

6 Hal yang Mewajibkan Seseorang Berpuasa pada Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Coba kita segarkan kembali ingatan dan pemahaman kita mengenai syarat wajib puasa Ramadan. Selama bulan Ramadan ada kewajiban untuk berpuasa. Bagi kita yang memenuhi syarat untuk berpuasa Ramadan, maka wajib hukumnya untuk melakukannya.

Mungkin kita sudah tahu dan paham syarat-syara wajib puasa. Saat di sekolah juga mungkin kita sudah pernah diajarkan. Kali ini, mari kita pahami kembali soal syarat-syarat wajib puasa. Mengutip buku 500 Rahasia Islami Pencerah Jiwa, ada enam syarat wajib puasa. Beriku uraiannya.

1. Beragama Islam

Ini menjadi syarat wajib puasa Ramadan yang pertama.

2. Balig

Anak yang belum balig tidak wajib berpuasa. Namun, jika anak sudah berumur tujuh tahun makan perlu dilatih berpuasa. Hal ini di-qiyas-kan dengan anjuran melatih anak-anak mengerjakan salat. 

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Perintahlah anak-anakmu mengerjakan salat ketika berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka jika tidak mengerjakan salat setelah berusia sepuluh tahun." (HR. Abu Dawud dan Hakim, dari Ibndu Umar ra.)

Jika kita sudah cukup umur atau balig, maka wajib bagi kita untuk berpuasa Ramadan. Sementara itu, anak-anak bisa dilatih dan dibiasakan untuk berpuasa meski belum balig dan belum diwajibkan berpuasa.

3. Berakal

Orang gila tidak wajib berpuasa. Bagi yang masih dalam keadaan berakal, wajib untuk berpuasa.

4. Sehat

Memiliki kondisi tubuh yang sehat, maka wajib berpuasa. Orang yang sakit tidak wajib berpuasa, tetapi harus menggantinya pada hari yang lain ketika kesehatannya sudah pulih kembali.

5. Mampu

Maksud dari mampu ini adalah tidak berat menjalankan ibadah puasa. Jadi, orang yang berat menjalakannya karena sakit keras, sudah lanjut usia, dan para pekerja berat seperti kuli panggul boleh tidak berpuasa dengan membayar fidyah, "Bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan orang miskin." (QS. Al-Baqarah: 184). Karena jika mereka tetap berpuasa, dikhawatirkan akan memperparah sakit atau penderitaan mereka.

6. Bukan Musafir

Bukan musafir atau tidak sedang dalam perjalanan jauh, maka wajib untuk berpuasa. 

Sekarang sudah paham dengan syarat wajib puasa? Bagi yang memenuhi hal-hal di atas, maka wajib hukumnya untuk berpuasa Ramadan. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading