Sukses

Lifestyle

Program Kartu Prakerja Gelombang Kedua Dibuka, Ini 4 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan Jika Mengikutinya

Fimela.com, Jakarta Kabar baik untuk kalian semua para jobseeker karena pendaftaran kartu prakerja gelombang 2 dibuka hari ini, tepat pada Senin 20 April 2020. Pendaftaran tersebut dibuka dari tanggal 20 April 2020 pukul 10.00 WIB sampai Kamis 23 April 2020 pukul 16.00 WIB. Sebelumnya, pendaftaran program kartu pra kerja sudah ditutup sejak 16 April lalu dengan total jumlah pendaftar yang diterima sekitar 164 ribu orang.

Buat kamu yang belum sempat mendaftar pada gelombang pertama bisa mendaftarkan diri pada gelombang kedua. Berita baik lainnnya yang harus kamu tahu soal program ini adalah bertambahnya kouta penerimaan peserta kartu prakerja menjadi 200 ribu orang. Kesempatan besar yang tentunya tidak boleh kamu lewatkan.

Program Kartu Prakerja sendiri adalah bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah. Harapannya, program kartu prakerja dapat membantu tenaga kerja untuk meningkatkan keterampilan melalui pelatihan online maupun offline.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika mengikuti program ini yang pastinya akan meningkatkan kompetensi dan peluang kerja yang lebih besar. Buat kamu yang penasaran dengan keuntungan apa saja yang bisa kamu raih, simak artikel ini. Fimela.com akan membahas 4 keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program kartu prakerja.

Berhak Mendapatkan Insentif

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program kartuprakerja ialah berhak mendapatkan insentif bulanan. Setiap peserta yang diterima pada program ini akan mendapatkan uang insentif sebesar Rp 3.550.000 yang dikirimkan secara bertahap selama empat bulan.

Insentif tersebut terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000, insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survei untuk tiga kali survei atau total Rp 150.000 per peserta. Nantinya, insentif akan diberikan melalui rekening e-wallet atau rekening bank peserta yang telah didaftarkan di akun prakerja.

Untuk saat ini kabarnya program kartu prakerja sangat diprioritaskan bagi mereka yang tengah mengalami pemutusan hubungan kerja akibat pendemi Covid-19. Melalui program ini diharapkan masyarakat dapat terbantu, tidak hanya sebagai strategi bertahan ditengah wabah Covid-19 tetapi juga untuk meningkatkan kapabilitas agar sumber daya manusia Indonesia bisa lebih baik.

Bantuan Pelatihan Kerja

Keuntungan kedua yang bisa kamu dapatkan ialah bisa mengikuti pelatihan kerja yang diselenggarakan secara gratis karena biaya pelatihan telah ditanggung pemerintah. Tentunya ini merupakan kesempatan strategis yang sangat menguntungkanmu karena kamu bisa belajar banyak tanpa harus terbebani dengan biaya pelatihan.

Sebagai tambahan informasi, pemerintah sendiri sudah bekerjasama dan melakukan kontrak kerjasama dengan beberapa lembaga penyedia pelatihan softskill ternama demi mendukung jalannya program ini. Ada banyak pelatihan-pelatihan yang disediakan, beberapa diantaranya yakni, pelatihan menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, serta cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan lain-lain.

Pelatihan ini juga akan dilaksanakan secara online dan juga offline, tentunya pelaksanaan sangat fleksibel apalagi mengingat keadaan saat ini masih belum stabil akibat pandemi Covid-19. Kamu pastinya tetap bisa melakukan pelatihan kerja dan meningkatkan kapasitasmu melalui program ini.

Bisa Mendapatkan Sertifikasi

Ketiga, kamu juga akan mendapatkan keuntungan berupa sertifikasi dari pelatihan yang telah kamu laksanakan. Tentunya saat ini, memiliki sertifikasi pelatihan kerja sangat berguna dan menunjang karir seseorang karena akan dangat berpengaruh terhadap proses pencarian dan penerimaan kerja.

Banyak perusahaan yang mensyaratkan pelamar kerja untuk memiliki sertifikasi keahlian atau biasanya perusahaan akan mengutamakan mereka, para pelamar yang memiliki sertifikasi. Sertifikasi menjadi dokumen pembuktian secara legal atas keahlian yang kamu miliki sehingga kamu memiliki branding yang kuat dan diakui untuk masuk ke sebuah perusahaan.

Peluang Karir Lebih Besar

Terakhir, keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika mengikuti program prakerja ialah mendapatkan peluang kerja yang lebih besar. Hal ini dikarenakan program kartu prakerja memiliki skema untuk mengarahkan para jobseeker dengan peluang yang terbuka dibeberapa perusahaan sehingga peluang karir tentunya akan terbuka lebih luas.

Proses pelatihan kerja pastinya bisa dimanfaatkan dengan baik dengan adanya skema pengarahan peluang kerja yang dilakukan oleh pemerintah. Skema ini juga menjadi cara terbaik untuk mengatasi pengangguran dan setiap peserta program bisa menyalurkan potensinya secara lebih luas dan memilih peluang yang cocok dengan kompetensinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading