Sukses

Lifestyle

Tidak Puasa Ramadan karena Haid, Raih Lebih Banyak Pahala dari Ibadah Ini

Fimela.com, Jakarta Saat sedang haid, kita tak bisa berpuasa selama Ramadan. Utang puasa Ramadan pun harus kita bayar di lain hari. Kadang saat sedang haid di bulan Ramadan, kita merasa sedih karena tak bisa mendapat pahala dari ibadah puasa dan salat. Namun, tak perlu khawatir. Masih ada banyak ibadah  yang bisa kita lakukan selama haid untuk meraih lebih banyak pahala dan berkah selama Ramadan.

Zikir adalah salah satu bentuk ibadah yang bisa kita lakukan selama haid. Mengutip buku Haid Menghalangi Ibadah? No Way, seorang perempuan yang sedang haid, jika ia terhalangan mengerjakan ibadah mahdhah berupa salat dan puasa, masih terbuka kesempatan baginya untuk mengerjakan ibadah hati. Seorang perempuan yang sedang haid boleh berzikir.

Perbanyak Zikir saat Sedang Haid

Syaikh Muhammad ibn Shalih Al-Utsaimin mengatakan, “Membaca zikir, takbir, tasbih, tahmid, dan basmalah ketika hendak makan atau pekerjaan lainnya; membaca kita hadis, fiqih, doa, dan aminnya; serta mendengarkan Al-Quran, tidak diharamkan bagi perempuan yang haid.”

Al Quran menganjurkan untuk berzikir dalam keadaan bagaimanapun: berdiri, duduk, atau berbaring. Al Quran juga mengingatkan bahwa dengan berzikir mengingat Allah, jiwa akan tenang. Firman Allah SWT, “(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Al-Ra’d: 28)

Perbanyak Zikir pada Waktu-Waktu Ini

Saat sedang haid pada bulan Ramadan, seorang perempuan tidak boleh berpuasa. Meski ibadah salat, puasa, dan membaca Al Quran tidak dapat dilakukan, seorang perempuan masih bisa melakukan ibadah-ibadah lainnya. Kita masih bisa memperbanyak istighfar pada waktu sahur. Selain itu, sangat dianjurkan untuk berzikir pada waktu pagi dan sore dan mengucapkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh  berkah. Meski ada beberapa hari yang membuat kita tak bisa berpuasa karena haid, kita masih bisa berusaha mendapatkan keistimewaan bulan Ramadan dengan bentuk-bentuk ibadah yang lain. Jadi, tetap semangat ya!

#ChangeMaker

;
Loading