Sukses

Lifestyle

Serba Serbi-Resep Es Kopi Jelly Minuman Populer untuk Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Resep es kopi jelly sebenarnya telah muncul pada awal tahun 1817 di Inggris. Pada awal abad ke 20, es kopi jelly dipromosikan sebagai alternatif yang lebih sehat daripada kopi panas, karena diduga gelatin akan menyerap asam berlebih di lambung.

Es kopi jelly di Jepang berkembang selama periode Taisho di tahun 1912 sampai 1926, meniru es kopi jelly yang berkembang di Eropa. Es kopi jelly ini jelas menarik bagi para pria muda modern dengan selera mode kebarat-baratan dan terus meningkat seiring berkembangnya budaya kafe.

Starbucks merilis Coffee Jelly Frappuccino di Jepang pada tahun 2016. Es kopi jelly khas Jepang dibuat dari kopi manis yang kemudian ditambahkan dengan agar-agar yang dipotong berbentuk dadu dan disajikan sebagai hidangan pencuci mulut, seperti dilansir dari beberapa sumber.

Jellynya sendiri terkadang juga ditambahkan ke dalam beberapa minuman lainnya, seperti milkshake atau es krim. Sahabat FIMELA, berikut ini ada resep sederhana dan mudah untuk membuat es kopi jelly sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang kamu perlukan

- 1 bungkus agar-agar tanpa rasa- 5 sendok makan kopi instan- 1 sendok makan gula pasir- 1 setengah cangkir susu kental manis- 4 sendok makan kremer- 1 gelas air panas- 3 gelas air dingin- es batu

Cara membuat es kopi jelly

1. Campurkan 1 setengah sendok makan kopi instan, gula, dan agar-agar sebelum dimasak. Tambahkan air dan masak sesuai dengan petunjuk.

2. Biarkan dingin sebelum memotongnya menjadi bentuk dadu berukuran kecil.

3. Di dalam gelas, campurkan 3 setengah sendok makan kopi instan, susu kental manis, dan kremer. Aduk sampai larut.

4. Tuangkan air dingin ke dalam gelas dan tambahkan es batu.

5. Terakhir, masukkan potongan jelly kopi yang telah dibuat sebelumnya. Mudah, bukan? Selamat mencoba!

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alternatif Hiburan Saat Kamu tidak Bisa Mudik Lebaran
Artikel Selanjutnya
4 Pilihan Menu Sehat untuk Tingkatkan Imun Tubuh Selama Libur Lebaran