Sukses

Lifestyle

6 Makanan dan Minuman Khas Indonesia Paling Populer untuk Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Bulan suci Ramadan dilaksanakan dengan berpuasa selama 1 bulan penuh. Puasa dilaksanakan dari subuh hingga menjelang senja. Selama berpuasa, kita sebagai umat Muslim diharapkan untuk menghindari pikiran dan perilaku buruk. Ketika tiba saatnya untuk berbuka, kita mendengar panggilan untuk shalat Maghrib, kita mungkin mulai minum atau makan untuk membatalkan puasa.  Iftar atau masyarakat Indonesia menyebutnya dengan buka puasa dilakukan dengan mengonsumsi makanan ringan yang manis. Berikut ini beberapa makanan dan minuman khas Indonesia yang sering digunakan untuk berbuka puasa.

Kolak

Kolak adalah hidangan berbuka yang sangat populer selama Ramadan karena rasanya yang manis dan sangat dianjurkan untuk mengembalikan kebutuhan energi setelah berpuasa seharian. Kolak terbuat dari santan, dicampur dengan gula aren, daun pandan dan diisi dengan irisan pisang, ketela atau dengan labu.

Kurma

Kurma sangat mudah ditemukan di sebagian besar supermarket atau pasar tradisional di seluruh negara selama bulan Ramadan. Kurma dianggap sebagai makanan terbaik untuk berbuka puasa, karena rasanya yang sangat manis dan bergizi. Kurma diketahui memberikan manfaat bagi kesehatan, antara lain untuk mengatasi anemia, menjaga gigi dan tulang tetap kuat, mencegah penyakit stroke serta penyakit jantung coroner.

Kicak

Kicak adalah makanan tradisional yang hanya dapat di temui selama bulan Ramadan di Yogyakarta. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan, dicampur dengan kelapa parut dan irisan nangka sebagai pelengkap. Rasa dari makanan ini manis dan meraroma nangka akan membangkitkan selera saat hendak berbuka puasa

Es Pisang Ijo

Salah satu dari banyak minuman spesial Ramadan adalah minuman dari Makassar ini yaitu es pisang ijo. Secara harfiah pisang ijo berarti, pisang yang dibungkus dengan adonana tepung berwarna hijau. Es ini disajikan dengan serutan es batu, kuah santan, dan sirup cocopandan.

Sate Susu

Bagi Muslim di Bali, sate susu adalah makanan wajib untuk berbuka puasa. Terbuat dari ambing sapi, dibumbuhi dengan tempah-rempah tradisional dan kemudian dipanggang di atas arang. Sate susu populer tidak hanya karena enak rasanya, namun juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, misalnya untuk meningkatkan stamina selama puasa.

Es Timun Suri

Es timun suri adalah minuman yang selalu ada selama bulan Ramadan, kebanyakan orang keliru berpikir bahwa buah ini hanya tumbuh selama bulan Ramadan. Itu tidak sepenuhnya benar, karena buah ini sebenarnya dapat tumbuh setiap saat sepanjang tahun. Timun suri berbentuk seperti melon dan mengandung banyak air. Biasanya timun suri dijadikan minuman segara yang dipadukan dengan es dan sirup manis dan sangat cocok untuk berbuka puasa

Nah, cukup menarik bukan? Yuk, persiapkan diri untuk menyambut bulan suci Ramadan dengan membuat hidangan buka puasa yang enak dan menyehatkan.

 

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading