Sukses

Lifestyle

Kuat Hadapi Pandemi Virus Corona Bersama 10 Kutipan Kartini Ini

Fimela.com, Jakarta Pandemi virus Corona masih berlangsung dan tampak semakin mengkhawatirkan setiap harinya. Semua aktivitas masyarakat di seluruh dunia dibatasi hanya di rumah saja. Hal ini tentu memberi dampak pada keseluruhan kehidupan masyarakat, terutama kesehatan mental.

Banyak orang melaporkan tingkat stres yang tinggi menghadapi pandemi virus Corona seperti saat ini, karena kehilangan pekerjaan, banyak berita miring yang beredar, dan terbatasnya aktivitas yang bisa dilakukan. Apa kamu salah satunya?

Masih memperingati Hari Kartini, FIMELA menemukan beberapa kutipan Kartini yang bisa membuat kita sama-sama kuat menghadapi pandemi virus Corona ini. Semua kutipan ini berasal dari surat- surat Kartini kepada para sahabatnya dalam buku Surat-Surat Kartini: Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya karya Sulastin Sutrisno.

1. “Saya malu sekali memikirkan kepentingan pribadi. Saya berpikir-pikir dan mengelamun tentang keadaan saya sendiri dan di luar, di sekekliling saya demikian banyaknya orang yang hidup menderita dan sengsara. Seolah-olah udara tiba-tiba bergetar disebabkan oleh suara orang- orang menderita disekeliling saya yang menjerit, mengerang dan mengeluh. Lebih keras lagi dari suara mengerang dan mengeluh terdengar bunyi mendesing dan menderau dalam telinga saya: Bekerja! Bekerja! Bekerja! Berjuanglah membebaskan diri! Baru setelah kamu bekerja membebaskan diri, akan dapatlah kamu menolong orang lain! Bekerja! Suara itu saya dengar terang sekali.”

2. “Bagaimanapun jalannya, sekali-kali jangan lelah untuk berusaha gigih membela semua yang baik.”

3. “Kalau ada kepentingan besar, kepentingan kecil harus diabaikan.”

 

 

Kutipan Kartini

4. “Dokter itu terang jabatan yang amat baik, tidak semua orang dapat menjadi dokter.”

5. “Hanya orang-orang yang kuat hati dan pikirannya yang dapat bertahan dalam taufan semacam itu, dapat melawan kekejaman dan kekerasan dunia.”

6. “Apabila kami menghendaki orang lain mengikuti jejak kami, maka contoh yang kami berikan haruslah sesuatu yang berbicara, menimbulkan rasa kagum dan keinginan untuk menirunya.”

7. “Kami yakin, apabila seseorang berani memulai, banyak yang akan mengikuti.”

Kutipan Kartini

8. “Tiada barang mustahil di dunia ini! Dan sesuatu barang yang hari ini kita teriak-teriakkan mustahil sama sekali, besok merupakan kenyataan yang tidak dapat disangkal!”

9. “Jangan kau katakan saya tidak dapat, tetapi katakan saya mau.”

10. “Kita harus hidup bersama-sama dan untuk semua manusia. Tujuan hidup kita ialah membuat hidup lebih indah.”

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading