Sukses

Lifestyle

Manfaat Konsumsi Susu dan Yogurt untuk Menambah Asupan Gizi Selama Puasa

Fimela.com, Jakarta Memasuki bulan Ramadan, banyak yang harus dipersiapkan sehingga ibadah puasa yang dijalankan tetap lancar. Meski tahun ini dilakukan dengan nuansa yang agar berbeda, kamu tetap dianjurkan untuk menjalani ibadah puasa di rumah masing-masing.

Agar ibadah puasa berjalan dengan lancar, kamu tetap perlu memerhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Selain bisa kuat untuk puasa seharian, daya tahan tubuhmu pun meningkat. Terlebih ibadah puasa kali ini dijalankan ketika pandemi virus corona masih terus terjadi.

Emilia Achmadi yang merupakann ahli gizi menyebut bahwa pemenuhan asupan gizi harian yang sesuai selama ibadah puasa akan membantu tubuh tetap fit dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Salah satu sumber gizi yang bisa dikonsumsi adalah susu.

"Untuk membantu memenuhi asupan gizi selama bulan puasa ada beberapa tip berikut: Pertama, minumlahdua gelas susu setiap hari; segelas susu saat sahur dan segelas susu setelah berbuka puasa. Susu mengandung kalsium, protein, dan berbagai vitamin yang baik untuk tubuh kita," ujar Emilia Achmadi.

 

Bisa juga konsumsi yogurt

Jika tidak menyukai susu, kamu bisa mengonsumsi jenis turunan susu lainnya, seperti yogurt. Yogurt merupakan produk olahan susu yang telah difermentasi. Sehingga laktosa diubah menjadi asam laktat.

Selain itu, yogurt juga memiliki beberapa kandungan bermanfaat lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti bakteri baik yang masih hidup dan serat pangan yang bermanfaat untuk membantu fungsi organ, vitamin B6 dan B12 riboflavin, kalium, kalsium dan magnesium yang baik untuk tubuh, kalsium yang membantu memperkuat tulang dan gigi, serta probiotik dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Selain susu, kamu bisa mengganti camilan gorengan yang umum dikonsumsi untuk berbuka puasa dengan camilan yang lebih sehat. Seperti buah-buahan, yogurt, dan keju saat berbuka puasa dan sebelum tidur. Camilanmu yang cenderung mengandung kadar gula atau lemak berlebih bisa diganti dengan camilan yang lebih bernutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan.

Yogurt bisa menjadi pilihan camilan yang lezat, segar dan bergizi. Selain dinikmati sebagai camilan, yogurt bisa juga dijadikan sebagai bahan masakan untuk sahur dan berbuka puasa.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading