Sukses

Lifestyle

Manfaat Gerakan Salat pada Otot dan Persendian Tubuh

Fimela.com, Jakarta Dalam setiap gerakan salat, ada sejumlah manfaat yang bisa kita dapatkan. Bahkan gerakan yang meliputi berdiri, rukuk, sujud, dan duduk memuat aspek olahraga. Sehingga bisa berdampak langsung pada kesehatan tubuh kita.

Di balik ibadah yang istimewa ini, ada banyak manfaat positif yang bisa kita dapatkan ketika melakukannya. Apalagi bagi umat Islam, salat wajib lima waktu sehari tak hanya bernilai ibadah tapi juga memberi tubuh kita banyak kebaikan. 

 

Manfaat Gerakan Salat untuk Otot dan Persendian Tubuh

Mengutip buku Menyingkap Rahasia Gerakan-Gerakan Sholat, diungkapkan bahwa olahraga yang paling baik untuk dilakukan adalah ketika mendirikan salat. Salat bukanlah olahraga pemanasan, bukan pula olahraga yang menyebabkan lelah. Salat juga bukan olahraga yang mudah dan ringan, bukan pula olahraga yang memberatkan. Dari segi kesehatan, gerakan-gerakan salat sangat bermanfaat untuk otot dan persendian tubuh.

1. Memperkuat semua otot tubuh dan persendian dengan menggerakkannya melalui rukuk dan sujud. 

2. Memperkuat otot-otot tulang punggung dan mencegah terjadinya pembengkokan dengan digerakkan dan dilenturkan melalui rukuk secara berulang-ulang minimal 17 kali dalam sehari. Di samping itu, gerakan rukuk juga dapat mengaktifkan jaringan pencernaan.

3. Gerakan rukuk dan berdiri dari rukuk memperkuat otot punggung dan perut serta menghilangkan sesuatu yang menumpuk pada dinding perut (lambung) dari bahan minyak dan lemak. 

4. Gerakan-gerakan salat dapat mengaktifkan aliran darah sehingga tidak terjadi penyumbatan pada urat khususnya pada tulang kering (di bagian kaki) dan mencegah penyumbatan pembluh darah pada urat ini.

Dr. Mahmud Ahmad Najib mengatakan, "Dalam setiap gerakan-gerakan salat yang dilakukan seorang muslim secara teratur dan kontinyu menjadikan persendian lentur dan otot-otot mengeras. Maka tidak akan terjadi pembengkokan pada tulang punggung dan kerusakan pada persendian."

Mari kita niatkan ibadah salat untuk mendapat pahala dan rahmat dari Allah SWT. Selain mendapat ketenangan hati dari ibadah ini, kondisi kesehatan fisik tubuh kita juga bisa ikut terjaga.

 

 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading