Sukses

Lifestyle

4 Tips Menyempurnakan Salat Tahajud

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa. Pada bulan yang suci ini, kita bisa meraih lebih banyak berkah. Bahkan dari setiap ibadah yang kita lakukan, pahala yang kita dapatkan berlipat. Salah satu ibadah yang bisa kita tingkatkan selama Ramadan adalah salat tahajud.

Ada banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan dari salat tahajud. Seperti mendapatkan derajat yang tinggi, semakin dekat dengan Allah, dan dikablukan segala permintaan. Jumlah rakaat tahajud minimal dua rakaat dan maksimal tak terbatas. Salat tahajud paling baik dilakukan pada sepertiga malam terakhir setelah tengah malam.

Bagi sebagian dari kita, menunaikan salat tahajud mungkin terasa sulit karena harus bangun sebelum subuh. Namun, ada sejumlah tips yang bisa kita lakukan untuk menyempurnakan salat tahajud. Berikut beberapa tipsnya seperti yang dikutip dari buku The Inner Power of Muslimah.

1. Perkuat Niat

Pada waktu akan tidur hendaknya berniat untuk bangun dan salat malam. Dari Abu Darda, Rasulullah bersabda, "Siapa yang akan tidur dan berniat hendak melakukan salat malam, kemudian telanjur terus tertidur hingga pagi, maka dicatatlah niatnya itu sebagai satu pahala, sedangkan tidurnya itu dianggap sebagai karunia Tuhan yang diberikan kepadanya," (HR An-Nasa'i dan Ibnu Majah).

2. Salat Dimulai dari yang Ringan

Dari Aisyah, "Rasulullah itu apabila bangun malam untuk melakukan salat, beliau memulainya dengan melakukan salat dua rakaat yang ringan," (HR Muslim).

3. Tidak Memberatkan Diri

Salat tahajud perlu dilakukan dengan ikhlas, tidak memberatkan diri, dan berkesinambungan. Dari Asiyah r.a, dia berkata bahwa Rasulullah bersabda, "Kerjakan semua amal itu sekadar kekuatanmu, demi Allah, Allah tidak akan jemu memberikan pahala sampai engkau sekalian jemu beramal," (HR Bukhari dan Muslim).

4. Tutup dengan Salat Witir

Jika setelah salat tarawih belum salat witir, kita bisa melakukan salat witir setelah salat tahajud. Sebagaimana sabda Nabi, "Jadikanlah akhir salatmu dengan salat witir," (HR Bukhari dan Muslim).

Semoga setiap ibadah yang kita lakukan diganjar pahala yang berlipat, ya. Tetap semangat jalani berbagai ibadah selama bulan Ramadan.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading