Sukses

Lifestyle

8 Cara Melatih Diri agar Khusyuk dalam Salat

Fimela.com, Jakarta Saat menunaikan ibadah salat, kadang kita tidak betul-betul khusyuk. Kadang kita melamun saat salat bahkan kadang sampai lupa sudah sampai rakaat berapa karena tidak konsentrasi. Untuk bisa benar-benar khusyuk dalam salat mungkin tidak mudah, tapi kita bisa terus melatih diri agar bisa khusyuk

Ada sejumlah cara yang bisa kita coba agar lebih khusuk dalam salat. Mengutip buku Tarbiyah Cinta, ada nasihat dari Ibnul Qayyim Al-Jauziyah untuk bisa lebih khusyuk dalam salat. Nasihat Ibnul Qayyim Al-Jauziyah dalam Mukhtashar Minhajul Qasidin sebagai bimbingan kita untuk menapaki jalan khusuk dalam salat, antara lain:

1. Ketika mendengar panggilan muadzin maka ibaratkan panggilan tersebut sebagai panggilan kiamat.

2. Bila telah menutup aurat maka ingatlah maksud semua itu adalah menutup aib diri dari makhluk lain. Lalu, ingatlah aib diri yang menjadi rahasia kita, yang hanya Allah yang tahu, sementara di hadapan-Nya ktia tak mampu lagi menutupinya. Semua itu akan tertebus dengan penyesalan, malu, dan ketakutan kepada-Nya.

3. Bila telah menghadapi kiblat, sebenarnya kita telah memalingkan wajah dari arah-arah lain menuju rumah-Nya. Hati kita juga akan berbaling dari arah yang lain dan mengarah hanya kepada-Nya.

4. Bila telah bertakbir maka janganlah hati menipu lisan. Sebab, bila di dalam hati masih ada sesuatu yang lebih besar dari Allah, artinya kita telah berbohong.

5. Bila telah membaca ta'awudz, ketahuilah bahwa bacaan tersebut adalah cara berlindung kepada Allah. Kemudian, pahamilah makna bacaan yang dibaca dan benamkanlah bacaan tersebut di dalam hati.

6. Rasakanlah kerendahan hati saat rukuk.

7. Rasakan kehinaan diri ketika bersujud. Kita sedang meletakkan diri pada tempatnya, sebab dari sanalah kita berasal.

8. Pahamilah makna zikir-zikir dengan perasaan yang mendalam.

Semoga kita bisa senantiasa khusyuk dalam salat kita, ya. Kita lakukan yang terbaik dalam setiap amalan dan ibadah yang kita lakukan. Biar Allah SWT yang menilai upaya kita. 

 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading