Sukses

Lifestyle

Perubahan Kulit saat Puasa, Apa Dampak Positifnya?

ringkasan

  • Masalah Jerawat dapat Teratasi
  • Kulit Lebih Cerah
  • Mencegah Kerusakan Kolagen Kulit

Fimela.com, Jakarta Berpuasa bisa memberi banyak manfaat untuk kondisi kesehatan kita. Salah satunya adalah kesehatan kulit. Kulit sebagai organ terbesar pada tubuh kita mendapat pengaruh yang luar biasa dari aktivitas puasa yang kita lakukan, khususnya pada rutinitas berpuasa selama bulan Ramadan.

Puasa yang singkat saja bisa memengaruhi kondisi kulit. Apalagi jika puasa yang kita lakukan dalam periode bulan Ramadan yang cukup panjang, maka bila dilakukan dengan baik, ada sejumlah dampak positif yang dapat kita peroleh dari rutinitas berpuasa terhadap kondisi kesehatan kulit kita.

1. Masalah Jerawat dapat Teratasi

Mengutip livestrong.com, Skinverse melaporkan bahwa masalah kulit seperti jerawat dan eksim dapat lebih cepat sembuh dengan puasa singkat. Hal ini dapat terjadi karena tubuh diistirahatkan sejenak dari aktivitas mencerna. Sehingga tubuh memprioritaskan energi regeneratifnya pada sistem lain. Proses penyembuhan jerawat diyakini bisa lebih cepat saat kita berpuasa.

2. Kulit Lebih Cerah

Kulit kita bisa tampak lebih cerah dengan berpuasa. Mengutip thriveglobal.com, puasa bisa menjadi aktivitas untuk mengistirahatkan sejenak microbiome usus, penyebab sebagian pesar inflamasi di tubuh. Menua adalah proses inflamasi, sama seperti jerawat. Dengan meningkatkan kesehatan usus dan microbiome entingnya, inflamasi sistemik akan berkurang dan kesehatan kulit bisa meningkat. Dengan menurunnya kondisi inflamasi pada usus, kondisi kulit bisa tampak lebih muda, sehat, dan cantik.

3. Mencegah Kerusakan Kolagen Kulit

Inflamasi dapat menyebabkan jerawat dan eksim yang bisa dicegah dengan menagtasi bakteri jahat dalam usus. Mengutip telegraph.co.uk, Dr David Jack, dokter estetika yang berada di London mengungkapkan bahwa dengan menjaga kadar gula darah dan sensitivitas insulin, kerusakan kolagen pada kulit dan protein elastin yang ada pada dermis dapat dicegah. Rutinitas berpuasa dengan mengatur pola makan yang tepat dapat membantu mencegah kerusakan kolagenn pada kulit.

Yuk, tetap semangat berpuasa selama bulan Ramadan. Semoga kita bisa mendapat banyak berkah dan kebaikan dari ibadah puasa yang kita jalankan.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading