Sukses

Lifestyle

Jiwa Lebih Tenang selama Ramadan, Coba Lakukan 5 Hal Ini

Fimela.com, Jakarta Kita semua pastinya ingin memiliki hati yang tenang dan damai. Bulan Ramadan ini bisa menjadi bulan yang baik untuk melatih diri agar mendapatkan ketenangan jiwa. Untuk mendapatkan ketenangan jiwa, ada banyak cara yang sebenarnya bisa kita lakukan.

Bagi yang baru ingin memulai cara untuk bisa mendapatkan ketenangan, ada sejumlah faktor penting yang perlu dipahami. Mengutip buku 500 Rahasia Islami Pencerah Jiwa, Ibnu Qoyyim Al-Jauzi mengungkapkan ada lima faktor yang memberikan ketenangan. Selengkapnya, langsung saja simak di sini dan mulai kita ikuti selama bulan Ramadan ini.

1. Amalkan Ajaran Tauhid

Di sini kita perlu menyembah Allah SWT tanpa menyekutukan-Nya dengan siapa pun. Hindari menyekutukan-Nya dalam sifat-sifat-Nya dengan siapa pun. Ingatkan lagi kepada diri kita bahwa ada adalah makhluk dan semua hal yang ada di dalam hidup kita ini sudah diatur semuanya oleh-Nya.

2. Jadilah Orang Berilmu

Miliki dan sebarkan ilmu yang bermanfaat. Orang-orang yang paling berbahagia, senang, dan paling bersyukur adalah orang-orang yang berilmu. Mereka memiliki kondisi seperti itu karena merekalah pewaris Nabi Muhammad SAW.

3. Lakukan Perbuatan Baik

Berbuat baik dapat memberikan cahaya, baik kepada hati maupun kepada wajah. Melakukan amal kebajikan akan mengundang berkah pada harta benda seseorang. Selain itu, hati seseorang biasanya tertambat pada pelaku kebaikan.

Bulan Ramadan ini adalah bulan yang istimewa untuk melakukan lebih banyak kebaikan. Berbuat baik tak hanya akan diganjar pahala tetapi juga membawa keberkahan sendiri pada hidup kita dan hidup orang lain. Bisa dimulai dengan mencoba satu perbuatan baik yang ringan, lalu rasakan dampak positifnya.

4. Hindari Dosa

Hindarilah dosa. Orang yang berani, teguh, dan kuat hanya takut kepada Allah SWT. Kesulitan dan kesusahan tak akan mengganggu dan mengguncangnya. Bila ada dosa-dosa yang selama ini masih sering kita lakukan, mulai saat ini cobalah untuk menghindari dan menghentikan perbuatan dosa tersebut.

5. Tidak Berlebih-lebihan

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Usahakan untuk berada pada sikap pertengahan, seperti dalam makan, berbicara, tidur, dan bergaul dengan orang lain. Hati pun bisa lebih tenang.

Bulan Ramadan bisa menjadi bulan terbaik untuk memperbaiki diri. Semoga kita senantiasa diberi ketenangan hati dan jiwa dalam kehidupan kita sehari-hari.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading