Sukses

Lifestyle

Cara Bersedekah jika Tak Punya Kelebihan Harta, Bagaimana?

Fimela.com, Jakarta Memperbanyak sedekah merupakan satu amalan istimewa yang bisa kita lakukan selama bulan Ramadan. Ganjaran yang bisa kita dapatkan dari sedekah yang kita keluarkan selama bulan suci ini bisa berlipat ganda. Al-Raghib Al-Isfahani mengatakan, "Sedekah adalah harta yang dikeluarkan manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah, seperti halnya zakat. Bedanya, sedekah hukumnya sunnah, sedangkan zakat hukumnya wajib."

Kita mungkin memahami sedekah sebagai uang atau harta yang kita keluarkan saat kita punya kelebihan. Namun, ternyata pemahaman sedekah bisa lebih luas dari itu. Mengutip buku Haid Menghalangi Ibadah? No Way! bagi orang yang tidak memiliki kelebihan harta untuk disedekahkan, masih terbuka kesempatan untuk bersedekah dengan cara lain. Dengan kata lain, sedekah materi bukan satu-satunya sedekah.

Sesuatu yang Kebaikannya Berpengaruh kepada Orang Lain

Ibn Rajab Al-Hanbali membagi sedekah yang bersifat nonmateri menjadi dua. Pertama, sesuatu yang kebaikannya berpengaruh kepada orang lain, sehingga itu menjadi sedekah bagi mereka. Bisa jadi sedekah yang demikian lebih baik daripada sedekah dengan harta, seperti sedekah amar ma'ruf dan nahi mungkar, yakni ajakan untuk menaati Allah dan mencegah perbuatan maksiat. Begitu juga dengan mengajarkan ilmu yang bermanfaat, mengajarkan bacaan Al-Quran, dan menyelesaikan masalah yang mengganggu masyarakat. Doa dan istigfar untuk kaum muslim pun demikian. 

Sedekah yang Manfaatnya Terbatas pada Pelakunya

Kedua, sedekah yang manfaatnya terbatas pada pelakunya. Apa misalnya? Misalnya, zikir, takbir, tasbih, tahmid, tahlil, istigfar, dan berjalan ke masjid. Walau tak punya kelebihan harta atau materi, kita bisa memperbanyak zikir untuk kebaikan kita. 

Tak perlu berkecil hati bila kita merasa belum punya banyak kelebihan harta. Bersedekah bisa dilakukan dengan cara-cara lain. Yang tak kalah penting lagi adalah niatkan semua bentuk amalan dan sedekah kita untuk mendapatkan pahala dan rida Allah SWT. Semoga bulan Ramadan kali ini bisa menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading