Sukses

Lifestyle

7 Faktor Penghambat Terkabulnya Doa

Fimela.com, Jakarta Pernah merasa putus asa dan kehilangan harapan atas doa-doa kita yang belum juga dikabulkan? Pernah merasa sangat sedih ketika harapan kita tak kunjung jadi kenyataan? Sebagai manusia biasa, pasti ada rasa sedih saat doa-doa yang sering kita panjatkan seperti tak didengar dan tak juga terwujud.

Sebelum kita menyalahkan Allah SWT, ada baiknya kita introspeksi diri. Sebab ada beberapa faktor yang menjadi penghambat terkabulnya doa kita. Mengutip buku 500 Rahasia Islami Pencerah Jiwa, ada tujuh faktor penghambat terkabulnya doa.

Ada seseorang yang mengadu kepada ulama hikmah, "Mengapa doa kami tidak dikabulkan, padahal Allah SWT telah berjanji akan mengabulkan setiap doa hamba-Nya?" Ulama hikmah itu menjawab, "Ada tujuh faktor penghambat terkabulnya doa yang selama ini engkau lakukan."

Tujuh Faktor

Sang ulama menguraikan tujuh faktor tersebut, yaitu:

1. Melakukan perbuatan yang mengundang amarah Allah SWT (antara lain, enggan beribadah, berbuat zalim, dan maksiat), dan tidak segera bertobat.

2. Pernyataaan palsu, yakni menyatakan, "Kami hamba Allah," tetapi tidak berlaku seperti buruh kepada majikannya.

3. Tidak melaksanakan Al-Quran. Maksudnya, sekalipun membacanya, tetapi mengabaikan perintah dan larangan yang terkandung di dalamnya.

4. Mengingkari pengakuan sebagai umat Nabi Muhammad SAW karena meninggalkan sunnah-sunnahnya.

5. Mengerti bahwa dunia tiada berharga di sisi Allah SWT, tetapi masih mengutamakan dunia dibandingkan mencari bekal akhirat.

6. Memahami bahwa dunia itu fana, tetapi berbuat seolah dunia itu abadi.

7. Menyadari bahwa akhira itu lebih utama daripada dunia, tetapi tidak beramal demi akhirat dengan sepenuh hati. 

Mari kita sama-sama perbaiki diri. Mungkin yang menghambat belum terkabulnya doa-doa kita adalah sikap dan perilaku kita sendiri. Semoga bulan Ramadan ini menjadi awal mula yang tepat bagi kita semua untuk memperbaiki diri. Semoga doa-doa yang kita panjatkan pun bisa segera terkabul.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading