Sukses

Lifestyle

Selain Tarawih dan Witir, Ini Salat-Salat Sunnah Lain yang Bisa Dilakukan selama Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah bulan istimewa untuk memperbanyak ibadah. Selain menunaikan ibadah wajib seperti puasa Ramadan dan salat fardu lima waktu, kita juga bisa menunaikan salat-salat sunnah. Selain salat tarawih dan witir, ada salat-salat sunnah lain yang bisa kita tunaikan juga dalam keseharian kita.

Setiap salat memiliki keutamaan dan keistimewaan masing-masing. Untuk bisa mendapatkan pahala dan lebih banyak berkah, mari kita perbanyak juga salat sunnah selama bulan Ramadan ini. Berikut ini beberapa salat sunnah yang bisa kita tunaikan. 

Salat-Salat Sunnah

1. Salat Rawatib

Salat yang mengiringi atau mengikuti salat wajib lima waktu. Salat rawatib dibagi dua, yaitu salat sunnah qabliyah dan sunnah ba'diyah.

2. Salat Dhuha

Salat sunnah yang dikerjakan ketika matahari baru naik sepenggalah. Minimal dua rakaat dan maksimal 12 rakaat.

3. Salat Hajat

Apabila seseorang memiliki hajat (keinginan) dan berharap keinginannya dapat terwujud, dianjurkan salat hajat.

4. Salat Istikharah

Salat sunnah dua rakaat yang sengaja dikerjakan dengan tujuan agar Allah SWT memberi petunjuk kebaikan. Salat ini dapat dilakukan saat akan memutuskan suatu hal atau saat dihadapkan kepada banyak pilihan yang membingungkan.

5. Salat Tahajud

Salat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam. Yang dimaksud malam di sini adalah setelah Isya' sampai beberapa saat menjelang waktu Subuh.

6. Salat Tobat

Setiap orang yang berbuat dosa, selama dosa itu hanya kepada Allah SWT, mudahlah membersihkannya. Yakni cukuplah dengan salat tobat dan memperbanyak istigfar.

7. Salat Tasbih

Salat sunnah ini pernah Rasulullah SAW ajarkan kepada paman beliau bernama Abbas bin Abdul Muthalib ra. Salat tasbih ini dilakukan sebanyak empat rakaat dan setiap rakaatnya membaca tasbih sebanyak 75 kali. 

8. Salat Wudu

Salat sunnah dua rakaat yang dikerjakan setelah kita berwudu. Satu-satunya sahabat Nabi SAW yang selalu mengerjakan salat sunnah ini adalah Bilal ra.

9. Salat Tahiyatul Masjid

Salat dua rakaat untuk menghormati masjid. Waktunya ketika kita baru memasuki masjid, sebelum duduk.

Semoga setiap ibadah salat yang kita tunaikan diterima oleh Allah SWT, ya. Serta, semoga bulan Ramadan ini menjadi bulan yang lebih baik bagi kita untuk bisa memperbaiki kualitas diri dan hidup kita.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Spontan Ambil Keputusan, 4 Zodiak Ini Suka Melakukan Hal-Hal Tanpa Pikir Panjang
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Pentingnya Ganti Sikat Gigi Tiap 3 Bulan Sekali, Sudahkah Melakukannya?