Sukses

Lifestyle

Mengetahui Makna dan Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Tentang Berbuka Puasa Selama Ramadan

Fimela.com, Jakarta Iftar merupakan kegiatan meninkmati makanan yang disajikan pada akhir dari selama bulan Ramadan atau sering kita menyebutnya dengan berbuka puasa di hari itu. Menu buka puasa disajikan saat matahari terbenam selama setiap hari saat Ramadan, kerena umat Muslim berbuka setiap hari.

Makna dari Iftar atau Berbuka Puasa

Puasa adalah salah satu komponen utama dari menjalankan ibadah bulan suci Ramadan, yang merupakan bulan ke 9 dalam kalender Islam dan didedikasikan untuk melakukan puasa, doa, dan melakukan perbuatan baik. Padahal, puasa adalah satu dari lima rukun Islam. Selama bulan itu, semua umat Muslim diharuskan berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam. Ini adalah puasa yang mengharuskan mereka untuk menahan diri, menahan untuk tidak makan apa pun atau bahkan minum seteguk air selama sepanjang hari. Dengan maksud bahwa menahan dari makan, minum dan tindakan tercela lain dapat memberikan kesempatan untuk merefleksikan diri secara spiritual dan memperdalam hubungan seseorang dengan Tuhan.

Iftar atau berbuka puasa merupakan tanda akhir dari puasa setiap hari dan sering kita melakukannya dengan keluarga atau teman yang sering kita sebut dengan buka bersama. Ramadan juga menekankan komitmen baru untuk kedermawanan dan amal, serta  berbuka puasa juga terhubung dengan hal itu. Menyediakan makanan bagi orang lain untuk berbuka puasadianggap sebagai bagian penting dari ketaatan, banyak Muslim di seluruh dunia membantu menyediakan makanan buka puasa untuk orang yang membutuhkan dengan melalui masjid.

Perhatikan Makanan untuk Berbuka

Umat Muslim biasanya berbuka puasa dengan kurma dan air atau minuman lain seperti yogurt. Setelah berbuka puasa dengan makanan kecil, biasanya sebagian dari mereka melakukan shalat maghrib. Begitu shalat maghrib, mereka memiliki hidangan lengkap yang terdiri dari sup, salad, makanan pembuka dan hidangan utama. Dalam beberapa budaya, mungkin tidak menyediakan hidangan lengkap. Tentunya setiap negara memiliki hidangan tradisional yang istimewa untuk berbuka. Tetap perhatikan nutrisi dari makanan yang dikonsmsi saat berpuasa. Ini akan mengembalikan beberapa energi yang berkurang saat kita menjalankan puasa selama seharian. 

Buka puasa adalah acara sosial yang melibatkan anggota keluarga dan masyarakat. Hampir semua orang membuat acara buka bersama baik bersama keluarga maupun dengan rekan kerja. Namun, di saat pandemi seperti saat ini mungkin kita bisa melakukan buka bersama dengan keluarga dengan cara daring atau online.

Pertimbangkan Kesehatan

Untuk alasan kesehatan, kita disarankan untuk tidak makan berlebihan saat berbuka puasa atau di waktu lain dan disarankan untuk mengikuti tips kesehatan lainnya selama bulan Ramadan. Sebelum Ramadan, seorang Muslim harus selalu berkonsultasi dengan dokter tentang kesehatan menjalankan puasa. Seseorang harus selalu memperhatikan untuk mendapatkan nutrisi, hidrasi dan istirahat yang cukup.

Sangat dianjurkan bahwa umat Muslim yang menjalankan puasa untuk melakukan sahur yang bertujuan untuk memberikan energi dan nutrisi yang diperlukan untuk melewati puasa sepanjang hari. Namun, tak jarang sebagian dari kita melewatkan waktu sahur. Hal ini sangat tidak dianjurkan, karena akan membuat seseorang lebih sulit untuk menyelesaikan puasa di hari itu.

Berbuka puasa menjadi salah satu komponen penting saat menjalankan puasa. Tetap perhatikan nutrisi untuk tubuh dengan menyediakan makanan yang bergizi. Selain berbuka sangat dianjurkan bagi setiap orang yang menjalankan puasa untuk melakukan sahur.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading