Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Buka Puasa Bareng Keluarga di Rumah Aja

Fimela.com, Jakarta Adanya pandemi corona, membuat kebanyakan orang menikmati bulan Ramadan, hanya di rumah saja. Berkumpul dengan keluarga pada saat buka puasa, ternyata memiliki berbagai manfaat, walaupun hanya di rumah saja.

Saat seperti harus dinikmati, karena zaman sekarang berkumpul dengan keluarga, merupakan momen yang sangat langka. Dengan adanya kesibukan masing-masing anggota keluarga, membuat anggota keluarga menjadi jarang berkumpul, apalagi pada saat buka puasa.

Berikut manfaat buka puasa bareng keluarga, walaupun hanya dilakukan di rumah saja, yang sudah dirangkum dari beberapa sumber:

Memiliki Banyak Waktu Bersama Keluarga

Pada saat bulan puasa, biasanya banyak waktu yang digunakan untuk buka puasa di luar rumah, bersama dengan teman atau relasi. Dengan adanya pandemi, sekarang Sahabat Fimela memiliki banyak waktu, untuk berkumpul bersama keluarga di rumah aja.

Menikmati buka puasa bareng keluarga, walaupun di rumah saja, bisa dinikmati tanpa adanya batasan waktu. Sehingga dengan adanya banyak waktu bersama keluarga, nikmatilah waktu ini sebaik mungkin, karena momen indah tidak akan terulang untuk kedua kalinya.

Lebih Hemat Pengeluaran Hariannya

Buka puasa di luar rumah, biasanya dilakukan di rumah makan atau di kafe, yang harus mengeluarkan banyak uang. Manfaat buka puasa bareng keluarga, bisa membuat pengeluaran harian lebih hemat, namun perut tetap kenyang.

Sahabat Fimela bisa memasak masakan kesukaan, dan menikmati masakan bersama keluarga, walaupun hanya di rumah saja. Membeli bahan masakan di pasar, tentu akan lebih menghemat pengeluaran, dan bisa berkreasi masakan sesuka hati.

Bisa Belajar Masakan Baru

Anggota keluarga biasanya terdiri dari ayah, ibu dan anak. Mungkin di beberapa keluarga juga terdapat nenek dan kakek. Hitung jumlah anggota keluargamu, kemudian susun daftas masakan kesukaan masing-masing, dan masaklah masakan kesukaan masing-masing anggota.

Hal ini dilakukan agar tidak bosan menikmati makanan buka puasa, yang menunya tidak beraneka ragam, dan bisa membantu mengasah kemampuan memasak.

Hubungan Keluarga Menjadi Lebih Akrab

Berkumpul dengan keluarga saat buka puasa, bisa membuat hubungan keluarga menjadi lebih akrab. Saat seperti ini adalah saat paling dinanti. Karena biasanya saat berkumpul dengan keluarga, lebih sering digunakan untuk bermain gadget, dan tidak ada kesempatan untuk mengobrol bersama.

Dengan adanya buka puasa bareng keluarga, anggota keluarga bisa saling mengobrol, bercerita dan bersenda gurau hingga akrab.

Komunikasi dan silaturahmi di dalam keluarga menjadi lebih baik. Saling mengenal satu dengan yang lainnya, dan bisa menjadi lebih akrab.

Bisa Tarawih Bersama

Menikmati buka bersama dengan keluarga, adalah saat terindah yang pernah terjadi di dalam hidup, apalagi jika bisa melakukan salat tarawih bersama.

Setelah buka bersama dengan keluarga, gunakanlah waktu untuk salat tarawih bersama, walaupun hanya di rumah saja.

Kemudian belajar Al-Quran bersama dengan keluarga. Selain meningkatkan keakraban dengan keluarga, hal ini juga bisa membuat anggota keluarga lebih dekat hubungannya dengan Allah.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Sup Telur Dadar Simpel untuk Anak-Anak
Artikel Selanjutnya
Memaafkan dan Melupakan adalah Dua Hal yang Berbeda