Sukses

Lifestyle

3 Bahaya yang Perlu Kamu Waspadai saat Menggunakan Aplikasi Kencan Online

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara untuk mendapatkan jodoh atau pasangan yang kita idamkan, salah satunya adalah menggunakan aplikasi kencan online. Aplikasi kencan online kini memang marak digunakan banyak orang untuk mencari teman mengobrol sampai mencari pasangan yang serius untuk diajak menikah.

Ada banyak aplikasi kencan online yang bisa kamu pasang di ponsel dan memiliki fitur beragam yang mempermudah kamu terkoneksi dengan banyak orang. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak orang juga tertarik untuk mencoba aplikasi kencan online.

Namun, kamu perlu tahu bahwa dibalik semua kemudahan mencari pasangan lewat aplikasi kencan online, terdapat bahaya yang perlu kamu waspadai. Bahaya yang rawan terjadi dalam aplikasi kencan online ialah penipuan. Jelas saja, karena komunikasi dan interaksi banyak dilakukan secara online maka, banyak hal juga yang tidak terlihat dan dapat dimanipulasi.

Oleh karenanya, bagi kamu yang tertarik ingin mencoba mencari pasangan lewat aplikasi kencan online perlu memahami bahaya-bahaya yang bisa saja menghampirimu. Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 3 bahaya aplikasi kencan online yang perlu kamu waspadai saat menggunakan aplikasi kencan online. 

Penipuan

Bahaya pertama saat kamu menggunakan aplikasi kencan online adalah penipuan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa penipuan sangat rawan terjadi dalam aplikasi kencan online. Hal ini karena sebagian besar interaksi terjadi tidak secara langsung sehingga sangat mudah bagi seseorang memanipulasi data atau identitas dirinya.

Bagi perempuan, hal ini sangat perlu diwaspadai karena jika kamu salah langkah maka, kamu bisa menjadi korban penipuan aplikasi kencan online. Motif penipuan melalui aplikasi kencan online ini bermacam-macam, mulai dari keinginan untuk melakukan penculikan, pelecehan seksual, hingga pemerasan.

Agar kamu terhindar dari bahaya penipuan yang ada pada aplikasi kencan online maka, kamu harus berhati-hati dan sebisa mungkin mengontrol diri dalam berkomunikasi dengan orang asing melalui aplikasi tersebut. Jangan mudah percaya ataupun terbuai dengan percakapan manis di aplikasi tersebut. Kamu harus tahu batas amanmu dimana saat menggunakan aplikasi kencan online tersebut.

Pelecehan Seksual

Kedua, bahaya yang perlu diwaspadai dari aplikasi kencan online ialah pelecehan seksual. Bahaya yang satu ini jelas akan sangat merugikan perempuan dan memang rawan terjadi pada banyak perempuan di aplikasi online. Satu hal yang perlu ditekankan bahwa kita tidak bisa menjamin motif setiap orang yang menggunakan aplikasi kencan online.

Beberapa orang memang menggunakan platform tersebut untuk mencari pasangan hidup yang serius namun, banyak juga yang menggunakannya untuk ajang pertemanan semata hingga mereka yang berniat buruk. Maka dari itu, setiap perempuan perlu waspada dan sebaiknya tidak bersikap terlalu terbuka kepada orang asing di jejaring online seperti aplikasi kencan online tersebut.

Pesan bagi setiap perempuan yang mengunakan aplikasi kencan online agar tidak membagikan secara terbuka profil atau identitas pada aplikasi kencan online. Hal ini jelas untuk menghindari aksi kejahatan dan kemungkinan pelecehan. Jangan juga memberikan atau menampilkan foto-foto yang sifatnya sangat privasi dan rawan menimbulkan masalah.

Penculikan

Terakhir, bahaya yang perlu kamu waspadai saat menggunakan aplikasi kencan online ialah penculikan dan pemerasan. Sebelum adanya aplikasi kencan online, banyak kasus penculikan yang terjadi di media sosial. Aplikasi kencan online bia menjadi peluang besar sebenarnya bagi mereka yang ingin melakukan penculikan.

Bahkan aplikasi kencan online membuat modus penjahat menjadi lebih mudah karena biasanya mereka akan memanfaatkan momen permainan emosi yang dilakukan kepada perempuan yang dijadikan target. Tidak bermaksud mengeneralisir ataupun memberikan stigma namun, perempuan memang sangat rawan tertipu dan menjadi korban dalam urusan seperti ini.

Modus andalan dari penculikan model ini adalah meminta korban untuk bertemu disuatu tempat kemudian menculiknya saat itu juga. Setelah menculik, ada banyak bahaya lainnya yakni seperti pemerasan, pencabulan, hingga pembunuhan. Maka dari itu, setiap perempuan harus sangat waspada dan jangan mudah mempercayai orang ataupun mengiyakan permintaan dari orang asing.

;
Loading