Sukses

Lifestyle

Tips Memaksimalkan Ibadah dalam 10 Hari Terakhir Ramadan

Fimela.com, Jakarta Seperti baru kemarin kita semua mempersiapkan dan menjalankan Ramadan, dan bulan suci ini akan berakhir dalam waktu beberapa hari lagi. Ini adalah hal penting untuk melakukan sesuatu yang terbaik sepanjang bulan, tetapi jika dirimu merasa belum cukup, masih ada harapan untuk melakukannya. 10 hari hari terakhir Ramadan adalah hari penting karena adanya malam Lailatul Qadr (malam keputusan) ada di salah satu malam tersebut. Ini adalah waktu untuk membuat rencana yang lebih baik untuk hari-hari Ramadan yang tersisa untuk memaksimalkan ibadah kita. Berikut ini adalah tips tetang bagaimana memaksimalkan ibadah dalam 10 hari terakhir Ramadan.

Bersihkan Niat

Langkah pertama untuk melakukan apa pun adalah memastikan niat itu murni dari dalam hatimu. Mendapatkan imbalan atau pahala dari perbuatan baik yang kita lakukan tergantung pada alasan melakukannya. Memohonlah pada Allah bahwa bulan ini bermanfaat bagimu dan orang lain, serta pastikan dirimu melakukan semua yang baik hanya demi-Nya. Jangan lupa untuk meminta kepada Allah untuk membantumu menjadi yang berhasil menangkap Lailatul Qard dengan cara terbaik.

Tingkatkan Koneksi dengan Al-Quran

Ramadan adalah bulan Al-Quran dan karena ganjaran digandakan selam bulan ini, itu adalah waktu yang tepat untuk berlatih memiliki hubungan yang lebih kuat dengan Al-Quran. Membaca Al-Quran tidak hanya terbatas pada bulan Ramdan, tetapi Ramadan adalah saat perbuatan baik dilakukan dengan berlimpah. Ini tidak berarti bahwa dirimu harus berlomba untuk menyelesaikan seluruh Quran tanpa meluangkan waktu untuk merenungkan dan memaknai.

Bertobat dan Menjaga Lisan dari Ucapan Buruk

Seperti yang lainnya, ini tidak terbatas pada 10 hari terakhir Ramadan, tetapi sangat penting dalam memaksimalkan ibadah. Kita semua berdosa dan melakukan kesalahan, tetapi yang terbaik dari orang berdosa adalah mereka yang bertobat dengan tulus setelah melakukan dosa. Jika dirimu adalah orang yang biasanya merasa kesulitan untuk mengendalikan ucapan, cobalah menghindari pembicaraan kotor atau pembicaraan yang tidak bermanfaat. Buat dirimu sibuk dengan selalu melakukan sesuatu yang produktif. Dengarkan Al-Quran saat memasak, mendengarkan ceramah tentang pengingat penting, atau sesuatu yang menginspirasi atau mempelajari sesuatu yang baru dan membaca buku-buku.

Perbanyak Doa dan Dzikir

Doa adalah senjata kuat dari seorang mukmin, jadi gunakanlah selama bulan ini. Buatlah doa untuk dirimu sendiri, keluarga dan orang lain. Tuangkan semua emosimu dengan meminta kepada Allah, menangis dengan tulus. Sebutlah Allah sepanjang siang dan malam. Dzikir bisa dalam bentuk bersyukur dan berterima kasih kepada-Nya memuliakan-Nya atau merenungkan Firman-Nya.

Shalat dan Doa Malam

Jika tidak dapat pergi ke masjid untuk tarawih, lakukan shalat di rumah, lakukan yang terbaik untuk dirimu. Jangan biarkan fokusmu pada shalat menjadi terganggu. Lakukan dengan khusyuk dan lauka dzikir.

Beramal

Berikan sedekah sebanyak dirimu bisa demi Allah. Jangan melihatnya saat dirimu membantu orang lain, lihatlah ketika dirimu melakukan sesuatu yang sangat besar bagi dirimu. Dirimu tidak harus kaya untuk memberi amal dan itu tidak harus bentuk uang. Beramal bisa memberikan makanan kepada seseorang, dan membantu atau memberi sesuatu yang dirimu miliki. Jika tidak dapat memberikan apa pun, berbaik hatilah kepada orang lain dan membantu dengan cara apa pun yang dirimu bisa.

Semoga Tuhan membuat kita semua sukses dan menyelesaikan Ramadan dengan baik, mendapatkan berkah dari-Nya. Selamat menjalankan Ramadan bagi Sahabat Fimela yang menjalankan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Mencoba Kudapan Khas Lampung Berkualitas Internasional
Artikel Selanjutnya
Kebanyakan Konsumsi Makanan Manis, Lakukan Ini untuk Stabilkan Tubuh