Sukses

Lifestyle

Ini Fungsi Roombutter yang Digunakan pada Kue Kering

Fimela.com, Jakarta Ketika membuat kue kering atau kue basah lainnya seperti roti, cake dan lain sebagainya, mungkin Sahabat Fimela pernah menemui yang namanya roombutter ketika berbelanja bahan-bahan kue. Apa sebenarnya roombutter dan apa bedanya dengan butter (mentega) dan margarin pada umumnya?

Dari namanya saja, sudah pasti orang bisa menebak bahwa ini adalah jenis mentega atau butter yang bisa dijadikan bahan kue. Roombutter sering digunakan dalam resep kue kering seperti nastar, kastengel, lidah kucing, semprit dan lain sebagainya. Namun apa fungsinya dan mengapa ia berbeda dari margarin dan mentega biasa?

Fungsi Roombutter

Fungsinya adalah memberikan aroma yang wangi dan sedap pada kue kering setelah dipanggang. Roombutter juga berfungsi memberikan warna kuning yang lebih cantik dan menggugah selera. Selain itu, penambahan roombutter pada kue kering juga membuat teksturnya lebih lembut dan empuk di mulut, tidak keras atau bantat.

Roombutter umumnya dijual dengan harga lebih mahal dibanding butter biasa namun dengan segala kelebihannya, tentu tak akan rugi jika membuat kue kering enak untuk keluarga sendiri. Roombutter sering dijual dalam kemasan kaleng dan bisa disimpan dalam suhu ruangan, tak perlu dimasukkan ke kulkas.

Bagaimana cara penggunaannya? Cukup ganti mentega atau margarin dalam resep kue kering dengan roombutter, atau campurkan porsi mentega maupun margarin dengan roombutter jika membuat kue kering dalam jumlah besar. Misalnya dalam resep menggunakan 100 gr margarin/mentega, maka ganti dengan 50 gr roombtter dan 50 gr margarin/mentega.

Nah, sekarang sudah tahu fungsi roombutter dan kelebihannya dalam berbagai resep kue? Sesekali boleh dicoba ya.

#ChangeMaker with Fimela

;
Loading