Sukses

Lifestyle

Tips Berjemur yang Lebih Efektif untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Meluangkan waktu untuk berjemur dan mendapatkan sinar matahari pagi bisa bantu tingkatkan kadar vitamin D dalam tubuh. Sinar matahari pagi menghasilkan sinar ultraviolet. Ketika sinar tersebut menyentuh tubuh, maka oleh tubuh akan diubah menjadi vitamin D.

Vitamin memiliki sejumlah fungsi penting untuk tubuh, seperti menjaga kekebalan tubuh hingga menjalankan fungsi metabolisme kalsium. Kita bisa memenuhi kebutuhan vitamin D dengan berbagai cara. Bisa dari makanan yang kita konsumsi, suplemen, dan berjemur di bawah matahari pagi. Untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh yang lebih optimal dari berjemur, ada tips yang bisa dicoba.

 

 

Berjemur tanpa Busana

Tips yang ini mungkin susah-susah gampang. Bila memungkinkan, cobalah berjemur tanpa busana. Saat di rumah mungkin bisa dilakukan dari dalam kamar berjendela dengan sinar matahari yang bisa masuk leluasa ke dalam kamar. Atau bisa di halaman yang dikelilingi pagar yang tinggi. Melansir today.com, Shaun Galanos pemandu The Love Drive dan edukator seks mengungkapkan bahwa bertelanjang di bawah sinar matahari bisa bantu meningkatkan asupan vitamin D dan suasana hati. Selain itu, bisa bantu memperlancar sirkulasi darah dan mendetoksifikasi kulit. Semakin luas permukaan kulit yang mendapat sinar matahari, maka semakin optimal tubuh mendapat asupan vitamin D.

 

Berjemur 10-15 Menit

Para peneliti mengungkapkan bahwa tubuh kita lebih baik dalam menyerap vitamin D dari sinar matahari daripada dari suplemen. Tentu saja peparan sinar matahari yang didapatkan perlu secukupnya. Berjemur 10-15 menit sudah bisa cukup untuk meningkatkan suasana hati dan membuat perasaan jadi lebih baik. Oleskan tabir surya bila perlu ke permukaan kulit yang terkena paparan sinar matahari saat berjemur.

Jadi, sudahkah berjemur hari ini? Dapatkan sinar matahari pagi sebagai salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan vitamin D tubuhmu.

#ChangeMaker

;
Loading