Sukses

Lifestyle

Inilah 5 Manfaat Mengonsumsi Edamame untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Kacang edamame adalah kedelai utuh yang kadang-kadang disebut sebagai kedelai jenis sayuran. Kacang edamame memiliki warna hijau dengan ukuran lebih besar daripada kedelai. Edamame memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun, beberapa orang menghindari mengonsumsi kedelai, karena mereka dapat mengganggu fungsi tiroid. Namun, demikian terlepas dari kekhawatiran ini, edamame memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan seperti di bawah ini.

Tinggi Protein

Mendapatkan protein yang cukup sangat penting untuk kesehatan yang optimal. Kacang adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Secangkir (155 gram) edamame yang dimasak menyediakan sekitar 18,5 gram protein. Selain itu, kedelai adalah sumber protein utuh. Tidak seperti kebanyakan protein nabati, edamame menyediakan semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh, merskipun tidak sebaik seperti protein hewani.

Tidak Menambah Gula Darah

Mereka yang mengonsumsi banyak karbohidrat yang mudah dicerna, seperti gula, secara teratur berisiko tinggi terkena penyakit kronis. Hal ini terjadi karena pencernaan yang cepat dan penyerapan karbohidrat meningkatkan kadar gula darah, suatu kondisi yang dikenal sebagai hiperglikemia. Seperti kacang lainnya, edamame tidak meningkatkan kadar gula darah secara berlebih. Ini membuat edamame cocok untuk penderita diabetes.

Mengurangi Risiko Penyakit Kanker Payudara

Kedelai kaya akan senyawa tanaman yang dikenal sebagai isoflavon. Isoflavon menyerupai hormone seks ekstrogen pada perempuan. Karena ekstrogen dianggap mempromosikan jenis kanker tetentu, seperti kanker payudara. Beberapa peneliti percaya bahwa mengonsumsi kedelai dan isoflavon dalam jumlah besar dapat menekan risiko penyakin kanker payudara pada perempuan.

Mengurangi Pengeroposan Tulang

Osteoporosis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan tulang rapuh yang berisiko tinggi menjadi patah tulang. Ini sangat umum terjadi pada orang lanjut usia. Mengonsumsi produk kedelai secara teratur, yang kaya akan isoflavon dapat menurunkan risiko osteoporosis pada perempuan pascamenopause.

Isoflavon memiliki manfaat serupa pada perempuan menopause. Satu analisis studi menyimpulkan bahwa mengonsumsi 90 mg isoflavon setiap hari selama tiga bukan dapat meningkatkan kesehatan tulang.

Mencegah Kanker Prostat

Kanker prostat adalah jenis kanker kedua yang paling umum terjadi pada pria. Salah satu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kedelai seperti edamame, tidak hanya menguntungkan perempuan, tetapi juga dapat melindungi terhadap kanker pada pria.

Edamame adalah kacang polong yang enak dan bergizi yang merupakan pilihan camilan rendah kalori yang sangat baik. Karena kandungan gizi pada edamame, ini dapat memberikan banyak manfaat lebih untuk tubuh, bagi siapa saja yang mengonsumsinya.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading