Sukses

Lifestyle

4 Tips Kurangi Ketergantungan Kopi tanpa Membuat Pusing

Fimela.com, Jakarta Minum kopi dalam kadar yang cukup bisa memberi sejumlah manfaat kesehatan karena kandungan antioksidannya yang baik. Bahkan secangkir kopi bisa memberi suntikan energi pada tubuh dan membuat tubuh lebih bersemangat jalani hari. Hanya saja jika mengonsumsinya terlalu berlebihan dan membuat kita ketergantungan, maka efeknya malah bisa membuat kita kecanduan kopi.

Kebanyakan konsumsi kopi malah bisa menyebabkan rasa letih yang luar biasa. Melansir bustle.com, Sarah Mirkin, RD, CPT mengungkapkan, "Terlalu banyak kafein seringkali dapat menyebabkan rasa mengantuk dan tidur yang tidak nyenyak." Bagi yang sudah kecanduan kopi, sehari saja tidak minum kopi bisa menyebabkan sejumlah gangguan seperti sakit kepala, rasa cemas, sulit berkonsentrasi, dan mudah marah. Mengatasi kecanduan kopi mungkin akan terasa sulit, tapi kita bisa memulainya dari hal-hal yang mudah seperti berikut ini.

1. Ganti Kopi dengan Teh

Minum teh dapat bantu mengurangi efek negatif dari gejala putus kafein (caffeine withdrawal) karena kandungan kafein pada dua cangkir teh hitam sama dengan kandungan kafein pada satu cangkir kopi. Bagi yang terbiasa minum kopi dan sudah kecanduan, menghentikan kebiasaan minum kopi secara tiba-tiba bisa menyebabkan sejumlah gangguan dan rasa tidak nyaman pada tubuh. Untuk itu, bisa dimulai dengan mengganti kopi dengan teh yang kandungan kafeinnya lebih sedikit.

2. Jadwalkan Tidur Siang

Para peneliti menemukan bawah power nap dapat membantu mengatasi rasa kantuk dan suasana hati daripada secangkir kopi. Power nap bisa dilakukan pada siang hari. Tidur pada siang hari selama 10-30 menit dapat membantu menjaga energi tubuh tetap baik tanpa harus minum kopi. Jika kesulitan untuk menjadwalkan tidur siang, cobalah untuk tidur malam lebih awal untuk mendapatkan tidur yang cukup sehingga tidak gampang mengantuk dan mencegah diri dari keinginan untuk minum kopi.

 

 

3. Lebih Intens Berolahraga

Sering merasa lemas jika tidak minum kopi? Cobalah kali ini ganti jadwal minum kopi dengan jadwal olahraga. Lebih intens lagi berolahraga. Sebuah penelitian dari University of Georgia menemukan bahwa orang yang tidak aktif dan letih, energinya meningkat 20% dan rasa lelahnya menurun sebanyak 65% dengan melakukan olahraga rutin yang berintens rendah. Olahraga berintens rendah saja bisa meningkatkan energi tubuh, maka bila melakukan olahraga dengan intens yang lebih tinggi, energi tubuh bisa meningkat berlipat ganda. Alihkan keinginan untuk minum kopi dengan berolahraga. Bisa dimulai dengan berolahraga yang mudah seperti jalan santai atau melakukan gerakan yoga.

4. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Protein bisa menjaga kestabilan energi tubuh. Membuat kita lebih terjaga. Bila sering merasa mengantuk pada siang hari, alih-alih minum kopi cobalah untuk mengonsumsi segenggam kacang. Selain itu, sebaiknya kurangi konsumsi terlalu banyak karbohidrat karena bila dikonsumsi terlalu banyak karbohidrat bisa membuat gula darah melonjak dan membuat kita merasa lebih letih.

Bisa juga mengganti kopi berkafein dengan kopi decaf. Kopi decaf adalah kopi yang kandungan kafeinnya (sekitar 97%) dihilangkan. Jika terbiasa minum kopi setiap hari lalu mendadak berhenti minum kopi pastinya akan menimbulkan sejumlah gejala yang tidak nyaman pada tubuh. Tapi kita bisa memulainya dengan cara-cara yang mudah dan perlahan-lahan menjaga kondisi kestabilan tubuh hingga tidak lagi kecanduan kopi.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading