Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Mengonsumsi Buah Ara untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Buah ara adalah buah unik yang memiliki warna kulit ungu dan hijau yang dapat dimakan. Daging buahnya berwarna merah muda dan memiliki rasa yang manis. Buah ara mengandung nutrisi dan menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan potensial. Mereka dapat meningkatkan pencernaan yang sehat, mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu mengelola kadar gula darah. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat rasakan saat mengonsumsi buah ara.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah ara telah lama digunakan sebagai obat rumah atau obat laternatif untuk masalah pencernaan seperti sembelit. Ara mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan melunakkan tinja, mengurangi sembelit dan berfungsi sebagai prebiotik atau suber bakteri sehat untuk usus.

Meningkatkan Kesehatan Pembuluh Darah dan Jantung

Buah ara dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar lemak darah, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Ekstrak ara dapat menunkan tekanan darah dengan tekanan normal. Namun, tetap konsumsi dalam jumlah normal, agar tidak muncul masalah kesehatan lainnya.

Dapat Mengatur Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian menemukan bahwa minuman yang mengandung ekstrak buah ara dosis tinggi memiliki glikemik yang lebih rendah daripada minuman tanpa ekstrak buah ara, yang berarti ini akan memiliki efek yang lebih menguntungkan pada kadar gula darah. Namun, buah ara kering, memiliki kandungan gula dan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam jangka pendek. Jika kesulitan mengatur kadar gula darah, kita harus membatasi asupan buah ara kering.

Memiliki Sifat Antikanker

Daun ara dan getah alami dari tanaman ara telah terbukti menunjukkan aktivitas antitumor terhadap kanker usus besar manusia, kanker payudara, kanker serviks dan sel-sel kanker hati. Sebaiknya konsumsi buah ara segar yang tidak ada penambahan bahan lain seperti gula untuk membuatnya lebih manis.

Untuk Kesehatan Kulit

Buah ara mungkin memiliki beberapa efek menguntungkan pada kulit terutama pada orang dengan alergi dermatitis atau kulit kering dan gatal akibat alergi. Terlebih lagi, kombinasi ekstrak buah dan buah ara terbukti menunjukkan efek antioksidan untuk sel-sel kulit, mengurangi kerusakan kolagen dan meningkatkan penampilan wajah supaya tidak mudah keriput.

Buah ara memiliki berbagai manfaat kesehatan potensial. Seiring dnegan buahnya, daun ara dan teh daun ara tampaknya bermanfaat bagi kesehatan. Buah ara kering khususnya dapat membantu meringkankan sembelit. Selain itu, mengonsumsi buah ara segar dapat menjadi menu dietmu.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading