Sukses

Lifestyle

6 Jenis Makanan yang dapat Membantu Menghilangkan Kecemasan

Fimela.com, Jakarta Kecemasan adalah salah satu masalah umum bagi banyak orang. Ini adalah kelainan yang ditandai dengan kekhawatiran dan kegelisahan dan terkadang terkait dengan kesehatan otak yang buruk. Obat sering diperlukan sebagai pengobatan. Selain pengobatan, ada beberapa strategi yang dapat digunakan untuk membantu mengurangi gejala kecemasan mulai dari olah tubuh, pernapasan dan mengonsumsi beberapa makanan sehat seperti di bawah ini.

Salmon

Salmon mungkin bermanfaat untuk mengurangi kecemasan. Ini mengandung nutrisi yang meningkatkan kesehatan otak, termasuk vitamin D dan asam lemak omega-3 asam eikosapentaenoat (EPA) dan DHA. EPA dan DHA dapat membantu mengatur neurotransmitter dopamin dan serotonin yang dapat memiliki sifat meningkatkan dan merilekskan.

Selain itu, penelitian menunjukkan asam lemak ini dapat mengurangi peradangan dan mencegah disfungsi sel otak yang mengarah pada perkembangan gangguan mental seperti kecemasan. Mengonsumsi EPA dan DHA dalam jumlah yang cukup dapat meningkatkan kampuan otak untuk beradaptasi terhadap perubahan, memungkinkanmu untuk mengatasi stres yang lebih baik yang memicu gejala kecemasan.

Chamomile

Chamomile adalah ramuan yang dapat membantu mengurangi kecemasan. Chamomile mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi yang terbukti mengurangi peradangan yang dapat mengurangi risiko kecemasan. Mengonsumsi ekstrak chamomile dipercaya dapat dapat menurukan gejala depresi dan kecemasan.

 

Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang mengandung curcumin, senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah gangguan kecemasan. Curcumin juga memiliki antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat dan telah terbukti mencegah kerusakan sel-sel otak. Efek-efek ini sebgaian disebabkan oleh kemampuan curcumin untuk mengurangi inflamasi, seperti sitokin yang sering dikaitkan dengan perkembangan kecemasan.

Cokelat Hitam

Memasukkan cokelat hitam ke dalam beberapa makanan juga dapat membantu mengurangi kecemasan. Cokelat hitam mengandung flavonol yang merupakan antioksidan yang bermanfaat bagi fungsi otak. Beberapa peneliti menungkin menyarankan bahwa peran cokelat hitam dalam kesehatan otak mungkin hanya karena rasanya, yang dapat membantu mereka yang memiliki gangguan mood. Mengonsumsi cokelat hitam juga terbukti meningkatkan kadar neurotransmitter serotonin, yang dapat membantu mengurangi stres yang mengarah pada kecemasan.

Yogurt

Jika merasakan kecemasan, yogurt adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi. Probiotik atau bakteri sehat yang ditemukan pada beberapa jenis yogurt dapat meningkatkan beberapa aspek kesehatan, termasuk mental. Makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt dapat meningkatkan kesehatan mental dan fungsi otak dengan menghambat radikal bebas dan neurotoksin yang dapat merusak jaringan saraf di otak dan menyebabkan kecemasan.

1.       Teh Hijau

Teh hijau menganung L-theanine, asam amino yang telah dipelajari untuk efek positif yang mungkin terjadi pada kesehatan otak dan pengurangan kecemasan. Potensi L-theanine untuk mencegah saraf overexcited. Selain ity, L-theanine dapat meningkatkan dopamine dan serotonin, neurotransiter yang telah terbukti memiliki efek anti-kecemasan. Selain itu, teh hijau mengandung epigallocatechin gallate, anitoksidan yang dapat meningkatkan kesehatan otak.

Beberapa makanan dan minuman di atas dapat membantu mengatasi gejala kecemasan, karena dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan otak.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading