Sukses

Lifestyle

Cegah Perselingkuhan, 5 Tips Membangun Kesetiaan dalam Hubungan

Fimela.com, Jakarta Menjaga keutuhan sebuah hubungan memang tidak mudah. Butuh upaya dan usaha keras dari masing-masing pasangan untuk menyeleraskan hubungan dan menjaga keharmonisan. Bahkan untuk bisa setia satu sama lain, harus bisa menaklukkan ego masing-masing.

Agar bisa saling setia dan hubungan tidak ternodai perselingkuhan, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Demi mendapatkan hubungan yang langgeng, pasangan harus sadar secara penuh bahwa kesetiaan itu perlu dibangun dan dibentuk bersama. Melansir lifehack.org, yang dimaksud kesetiaan bukan hanya setia pada pasangan melainkan juga pada hubungan itu sendiri. Perlu menyadari secara penuh bahwa apa pun yang kita lakukan dan perbuat dalam sebuah hubungan akan memengaruhi pasangan kita dan berdampak langsung pada kelangsungan hubungan.

1. Selalu Menepati Janji

Setiap janji yang dibuat harus selalu ditepati. Kalaupun ada janji yang tak bisa ditepati karena sesuatu yang mendesak dan tak bisa dihindari, maka perlu segera minta maaf dan memperbaiki diri. Jangan sampai selalu mengingkari janji. Bahkan sebuah kepercayaan yang sudah dibangun bertahun-tahun dalam sebuah hubungan bisa hancur karena sebuah janji yang tak ditepati.

2. Jangan Mudah Menghakimi

Kunci pentingnya adalah komunikasi. Jangan mudah menghakimi atau menyudutkan masing-masing pasangan. Saat ada hal-hal yang tak kamu pahami soal pasangan, tanyakan dan konfirmasi langsung padanya. Tak perlu buru-buru membuat kesimpulan sendiri dan menghakiminya. Jika ada kabar atau rumor yang tidak menyenangkan juga perlu segera konfirmasi langsung ke pasangan dan bukan pada orang lain yang tidak dipercaya.

3. Selalu Utamakan Kejujuran

Teori lebih mudah daripada praktiknya. Upayakan untuk selalu mengutamakan kejujuran. Setiap ucapan perlu dilandasi kejujuran dan keterbukaan satu sama lain. Berani jujur dan bersikap apa adanya jauh lebih baik daripada berbohong dengan alasan "tidak ingin menyakiti". 

4. Selalu Membuka Pintu Maaf

Kita semua manusia biasa yang tak bisa lepas dari kesalahan. Terhadap pasangan kita perlu selalu membuka pintu maaf. Tentu saja dalam batas  yang wajar. Jika pasangan terus mengulangi kesalahan yang sama dengan alasan yang dibuat-buat, tentu kita perlu mempertimbangkan kembali perlu tidaknya mempertahankan hubungan. Namun, jika dari setiap kesalahan selalu ada perbaikan dan tak mengulangi kesalahan yang sama, sebuah maaf bisa memperbaiki semua keadaan.

5. Senantiasa Memperbaiki Diri

Kita perlu memastikan diri kita sendiri selalu berusaha memperbaiki diri. Dengan begitu, kita bisa membantu pasangan untuk memperbaiki diri. Sehingga hubungan pun bisa terus tumbuh dengan berbagai perbaikan yang ada. Sebuah hubungan yang kuat tidak hanya berjalan di tempat, melainkan selalu tumbuh dan mendewasakan. 

Semoga hubungan yang sedang kamu bangun dan jalin saat ini bisa senantiasa langgeng dan bertahan lama, ya. Membangun kesetiaan dan menjaganya sangatlah penting untuk menjaga hubungan terhindar dari perselingkuhan.

#ChangeMaker

;
Loading