Sukses

Lifestyle

Cara Sederhana Keluar dari Lilitan Utang yang Tak Kunjung Lunas

Fimela.com, Jakarta Sangat mudah untuk berhutang, tetapi sangat sulit mengembalikan atau melunasinya. Butuh beberapa bulan untuk melunasi utang tersebut. Setiap orang yang melunasi utang mereka melakukannya dengan cara yang berbeda. Mereka sering menggabungkan strategi untuk mengurangi utang mereka. Jika Sahabat Fimela kesulitan dan membutuhkan titik awak untuk membuat strategi mengurangi utang, berikut ini adalah beberapa cara untuk keluar dari lilitan utang.

Jangan Terus Menambah utang

Ini saja tidak akan membuat dirimu keluar dari lilitan utang, tetapi setidaknya jumlah hutangmu tidak menjadi lebih buruk. Jika dirimu terus menambah utang, akan jauh lebih sulit untuk membuat kemajuan dalam mengurangi hutangmu. Kurangi godaan untuk menciptakan lebih banyak utang dengan membekukan kartu kredit.

Bangun Dana Darurat

Sebuah dana darurat mungkin terdengar berlawanan dengan instuisi jika dirimu mencoba untuk keluar dari utang, bisa menggunakan uang itu untuk melunasi hutangmu. Tetapi dana darurat benar-benar dapat menjagamu dari menciptakan lebih banyak utang. Tabungan ini memberimu jaringan pengaman yang dapat digunakan ketika biaya darurat muncul yang menyelamatkanmu dari meraih kartu kredit.

Mintalah Keringanan Suku Bunga pada Kreditor

Suku bunga yang lebih tinggi membuatmu terlilit hutang lebih lama karena begitu banyak pembayaranmu dibebakan pada biaya bunga bulanan dan bukan ke saldo yang sebenarnya. Namun suku bunga dapat dinegosiasi dan dapat meminta penerbit kartu kredit untuk menurunkan suku bunga. Kreditor melakukan ini atas kebijakannya sendiri, sehingga pelanggan dengan riwayat pembayaran yang lebih baik mungkin berhasil menegosisasi tarif suku bunga yang lebih rendah.

Mencari Pendapatan Tambahan

Semakin banyak uang yang diberikan untuk hutang, semakin cepat dirimu dapat melunasi hutang untuk selamanya. Jika dirimu belum memilikinya, buat anggara bulanan untuk mengelola uang dengan lebih baik. Melihat semua pengeluaranmu yang dirinci dalam anggaran juga dapat membantumu mengetahui bagaimana dirimu bisa memotong beberapa pengeluaran dan menggunakan uang itu untuk membayar hutang. Dirimu mungkin dapat menghasilkan pendapatan tambahan dari pengembangan hobimu.

Rencana penyelesaian hutang ini dapat disertai dengan ikatan serius, jadi bacalah denda dan peraturan dengan seksama sebelum menyetujui saat hendak meminjam uang.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading