Sukses

Lifestyle

Mudah Lapar saat Haid, Normalkah?

Fimela.com, Jakarta Beberapa hari jelang haid atau mendekati siklus haid, biasanya ada perubahan pada nafsu makan. Rasanya makin mudah lapar. Sudah makan cukup banyak, tak lama kemudian lapar kembali. Hm, apakah hal ini normal?

Ya, mudah lapar saat haid merupakan hal yang normal. Melansir coach.nine.com.au, Lara Briden penulis Period Repair Manual mengungkapkan bahwa mudah lapar saat haid adalah sesuatu yang normal. Hal ini karena ada kadar ada peningkatan hormon progesteron yang terjadi. Peningkatan progesteron pada tubuh bisa menyebabkan peningkatan nafsu makan.

Tak Perlu Panik saat Merasa Mudah Lapar

Kebanyakan makan meningkatkan risiko kegemukan, terlebih bila yang dikonsumsi tinggi kandungan gula dan lemak. Saat menjelang haid atau sedang haid, kadang memang susah mengendalikan nafsu makan karena perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh. Namun, tak perlu panik berlebihan. "Kabar baiknya adalah fungsi tiroid dan laju metabolisme juga akan meningkat sehingga kalori makanan bisa dibakar lebih cepat di dalam tubuh," papar Briden. Tubuh kita akan membakar 300 kalori lebih banyak pada fase seminggu sebelum haid.

Apakah itu artinya kita bebas makan apa saja selama jelang haid atau saat haid? Tentu saja tidak. Jika hanya satu hari membebaskan diri menikmati berbagai jenis makanan yang diinginkan boleh-boleh saja. Tak perlu lima atau sampai tujuh hari berturut-turut makan bebas dan mengabaikan pentingnya asupan nutrisi dan vitamin yang cukup untuk tubuh.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan nafsu makan adalah memperhatikan kondisi tubuh dengan lebih baik lagi. Agar tidak kebablasan makan makanan tidak sehat, bisa diatasi dengan makan sarapan yang kaya protein. Makan pada jam-jam yang sama atau teratur untuk mencegah mudah lapar. Bila perlu konsumsi suplemen yang bisa bantu mengatasi gejala-gejala pra menstruasi seperti suplemen magnesium dan vitamin B6. Suplemen tersebut dapat meningkatkan kadar serotonin di otak sehingga dapat menurunkan stres dan keinginan mengonsumsi makanan yang bergula.

Bagaimana jika "ngidam" makanan bergula atau yang manis-manis? Briden menyarankan untuk menggantinya dengan dark chocolate. "Dark chocolate mengandung magnesium yang sebelumnya kusebutkan sebagai salah satu penstabil suasana hati yang penting, serta dark chocolate memiliki kandungan yang secara langsung dan positif memengaruhi neurotransmiter kita," papar Briden. Konsumsi dark chocolate dengan kandungan setidaknya 80% cokelat alami untuk atasi nafsu makan yang sulit dikontrol selama haid.

Mudah lapar saat haid memang hal wajar, tapi kita tetap perlu mengutamakan konsumsi makanan sehat dan bernutrisi yang cukup untuk menjaga kondisi kesehatan kita. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

;
Loading