Sukses

Lifestyle

5 Jenis Makanan yang dapat Menyebabkan Alergi

Fimela.com, Jakarta Alergi makanan mungkin dialami oleh beberapa orang. Sejumlah alergi makanan sangat umum sehingga produsen makanan harus memberi label makanan tentang kandungan yang ada di dalam makanan tersebut. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami alergi.

Daging Merah

Alergi terhadap daging sapi dan domba mungkin jarang terjadi. Namun, alergi ini biasanya dikaitkan dengan gula yang ditemukan dalam daging alpha-galactose (alpha-gal). jika seseorang alergi terhadap satu jenis, seseorang mungkin juga mengalami alergi terhadap yang lainnya. Sebagian kecil anak-anak yang alergi terhadap susu juga mengalami alergi terhadap daging.

Alpukat

Menariknya, alergi alpukat terkait erat dengan alergi lakteks. Ini karena protein yang ditemukan dalam alpukat secara struktural mirip dengan yang ditemukan pada lakteks. Untuk alasan ini, orang yang alergi terhadap lakteks kemungkinan mengalami reaksi terhadap alpukat. Jika alergi terhadap lakteks dan meiliki reaksi buruk terhadap alpukat, maka dirimu mungkin juga alergi terhadap ketang, tomat, chestnut, pepaya, pisang atau kiwi.

Jagung

Meskipun jarang terjadi, alergi jagung masih bisa menjadi alergi yang parah. Jika dirimu alergi terhadap jagung, dirimu harus menjauhi segala bentuk produk dari jagung, baik jagung yang dimasak, mentah, dalam sirup atau tepung. Alergi jagung sulit diidentifikasi karena reaksinya mirip dengan alergi biji-bijian.

Buah Kering

Penyebab di balik alergi buah kering adalah sulfit, seperti sulfur dioksida. Ini digunakan untuk mengawetkan seluruh makanan. Jika seseorang alergi terhadap sulfit, mereka dapat memiliki reaksi ketika  mengonsumsi anggur, cuka, buah-buahan dan sayuran kering, daging olahan, buah-buahan dan sayuran kaleng dan beku serta beberapa jenis bumbu tertentu.

Marshmallow

Jika dirimu alergi terhadap marshmallow, bahan agar-agar kemungkinan besar menyebabkan masalah ini. Gelatin adalah protein yang terbentuk ketika jaringan ikat dari hewan direbus. Beberapa orang alergi terhadap protein ini. Gelatin dapat ditemukan dalam permen karet dan permen yang memiliki tektur kenyal. Ini adalah alergi yang jarang terjadi pada seseorang. Alergi gelatin juga terkait dengan reaksi alergi terhadap vaksin.

Bila mengalami beberapa alergi makanan, ada baiknya untuk konsultasikan hal tersebut ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Dapatkan resep obat yang mungkin dapat dikonsumsi saat dirimu tidak mengetahu beberapa makanan yang mungkin menyebabkan alergi.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading